Freelance

Kerja freelance kerap dianggap sebagai pekerjaan gak jelas yang penghasilannya tidak bisa diharapkan. Maklum saja sebagai pekerjaan sampingan, freelance adalah pekerjaan yang dilakukan orang kala diwaktu senggang, saat butuh uang tambahan atau sekedar hobi saja.

Tapi tahukan kamu kalau bila kerja freelance dilakukan dengan serius bahkan jadi freelancer profesional. Bukan hal yang mustahil kerja freelance bisa jadi penghasilan utama yang menjanjikan.

Mengapa?

Bayangkan kebebasan waktu, tidak ada atasan atau bawahan, bisa bekerja dimana saja dan kapan saja. Semua kebebasan tersebut menjanjikan banyak keuntungan.

Kerja Freelance Rumit?

Eits, kata siapa? Kerja kantoran walau ada job deskripsi dan tanggung jawab yang jelas juga bisa sewaktu-waktu dipecat. Apalagi jalam sekarang dimana tingkat pengangkatan pegawai tetap rendah banget. Ditambah lagi dengan minimnya lowongan kerja dan banyaknya pengangguran. Struggle kerja freelance dan kantoran, sama saja.

Bagaimana Mulai Kerja Freelance?

Gampang banget.Kamu bisa mulai dengan dua hal. Memanfaatkan skill yang kamu punya atau mencoba skill yang sama sekali belum dimiliki. Nah, loh kok bisa? Iya dong, freelance job tuh banyak banget. Peminatnya juga gak sebanyak orang-orang yang berburu kerja kantoran. Selain itu tanpa kemampuan juga bisa.

Kerja Freelance dengan Modal Skill

Nah, ini sebenarnya sudah enak banget. Kamu jago gambar, jago masak, pintar bebenah, atau hobi shopping. Kamu tinggal menawarkan jasa tersebut kepada peminat yang tertarik. Takut gak ada yang hire jasamu? Aduh, gak mungkin, sekarang bebernah, beliin makan sampai tulisin tugas sekolah aja ada yang pakai jasa orang lain. Kamu juga bisa. Masalahnya tinggal mau coba atau enggak?

Kerja Freelance tanpa Modal dan Skill

Masa bisa? Ya bisa dong. Kamu tinggal cermat mencari dan gak lelah mencari. Ada hal-hal yang bisa dipelajari yang cuma berbakat kemauan/ Gak percaya? Coba lihat beberapa kerja freelance dibawah ini.

Kerja Freelance Populer Tahun 2020

Penasaran kerja Freelance apa saja yang bisa kamu geluti? Nah, coba lihat beberapa pekerjaan berikut yang sudah kami kumpulkan untukmu. Ada yang cukup berbekal laptop atau ponsel saja. Dengan memaksimalkan benda yang ada serta kemauan tidak ada yang tidak mungkin.

1. Freelance Writer

Freelance writer punya definisi yang luas. karena sebenarnya writer sendiri terbagi-bagi menjadi banyak profesi. Kamu bisa mengkhususkan untuk bidang tertentu, atau mencoba beberapa sekaligus. Jangan kira kalau Freelance writer harus jago menulis ya. Karena orang yang paling anti menulis pun bisa kok mendapat penghasilan dari profesi ini.

Apa saja yang kamu bisa coba dengan menjadi seorang freelance writer, ya tentu pada dasarnya menulis. Tapi ada banyak loh, variasi untuk kerja freelance yang satu ini. Pastinya kerja freelance online dengan jadi writer punya banyak kebebasan baik untuk apa yang ditulis.

  • Content Writer : Kamu cukup menulis sesuai permintaan klien. Bisa buat artikel untuk mengisi website, menulis untuk koran atau majalah, menulis company profile, menulis untuk sosial media seperti status facebook atau teks youtube dan masih banyak lagi.
  • Copywriting writer : nah, kalau ini menulis dengan gaya marketing. Tulisanmu diharapkan bisa disisipkan kata promosi. Susah, kah? Kan tinggal banyak-banyak browsing dan lihat contohnya saja.
  • Gohst Writer : kamu menulis untuk orang lain. Bisa menjadi penulis yang tidak tercantumkan namanya pada buku atau membantu orang lain menuliskan ide-idenya.

2. Kerja Freelance Sebagai Desain Grafis

Banyak perusahaan besar atau kecil yang butuh jasa freelance desaign grafis. Kerja freelance seperti ini susah-susah gampang. Mencari klien pada awalnya sulit, tapi lama-kelamaan setelah mendapat satu-dua klien tentu kamu bisa mulai membangun portfoliomu.

Mulai dari mendesain logo, membuat broshur ada saja pekerjaan desain grafis yang bisa kamu lakukan secara freelance. Menjadi seorang desaign grafis freelance artinya kamu bebas mengambil job sebanyak-banyaknya tanpa harus terikat dengan sebuah perusahaan.

3. Social Media Officer

Bisnis freelance online ditahun 2020 semakin booming dan dilirik. Mengapa? Karena banyak perusahaan yang kesulitan mempertahankan para pekerjanya di karenakan pandemi yang berkepanjangan.

Memaksimalkan sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube dipakai untuk memaksimalkan media untuk berpromosi dan mengurangi jumlah karyawan.

Nah, bagi kamu yang pernah pakai media sosial, kerja freelance yang satu ini bisa kamu coba. Apa perlu ijasah atau belajar atau kuliah terlebih dahulu? tentu tidak, bahkan kursus menguasai sosial media saja tidak ada. Kamu cukup bersedia meluangkan banyak waktu di berbagai media dan berpromosi sesuai dengan tata cara yang ada. Gampang banget kan?

4. Kerja Freelance Translator

Freelance sebagai penterjemah tentu menjanjikan. Selain bisa dilakukan dimana saja, pekerjaan ini semakin memiliki banyak peluang. Dengan te rbukanya dunia pada era digital ini banyak material yang perlu dialih bahasakan.

Kerja freelance ini cukup dengan bergabung dengan berbagai platform kerja freelance, mendapatkan klien dan mengerjakannya. Mudah, dong.

5. Content Creator

Content creator freelance adalah seseorang yang menyiapkan materi untuk berbagai kebutuhan. Umumnya berbentuk materi digital dan bisa mencangkup banyak penggunaan media.

Intinya Anda mengembangkan sebuah konsep yang dapat menyirimkan sebuah pesan pada target market tertentu sesuai kebutuhan klien.Kamu layaknya sebuah jasa periklanan namun dengan cakupan yang lebih luas. Konten disini bisa berupa konten website, channel youtube atau beberapa media masa dalam waktu bersamaan. 

6. Menjual Foto Freelance

Menjual foto kini bukan sekedar pekerjaan receh. kerja freelance dengan berbekal ponsel atau kamera cukup bisa memulai freelance job yang satu ini. Tentu gambar jernih yang berkualitas akan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

7. Konsultan Bisnis

Auditor freelance, marketing freelance adalah beberapa peluang kerja freelance dengan gaji cukup memuaskan. Bila kamu punya skill seperti itu yang berkaitan dengan bisnis, coba untuk menawarkan jasamu secara freelance.

Dari pada berpatokan bergabung dengan sebuah perusahaan besar, bagaimana kalau menawarkan jasa tersebut secara mandiri. Hargamu bisa jauh lebih terjangkau dan ada saja klien yang membutuhkannya.

8. Voice Over

 

Suara kamu bisa untuk kebutuhan konten, iklan atau mengisi suara Artificial Intelegence untuk kebutuhan berbagai perusahaan. Dubbing untuk film, drama dan kartun juga merupakan peluang yang tidak bisa diabaikan.

Tertarik mencobanya?

9. Data Entry

Ini profesi yang cukup mudah. Ada banyak perusahaan yang butuh data-datanya dimasukkan dirapihkan sesuai kebutuhan mereka. Kamu yang punya laptop dan dapat mengetik, pasti bisa melakukannya.

Bahkan kamu tidak perlu mengetik dengan cepat karena pekerjaan ini lebih membutuhkan ketelitian.

10. Web Designer

Kamu menguasai HTML, JavaScript, dan CSS? Itu bisa jadi kemampuan awal untuk menawarkan jasa buat website. Ditambah dengan kemampuan mengoperasikan aplikasi seperti Photoshop dan Corel Draw. Kamu bisa sukses berdikari hanya dengan kerja freelance saja.

11. Kerja Freelance Sebagai Ahli SEO

Ahli SEO sangat dicari pengguna internet. Baik pemilik website, memulai usaha melalui jualan online atau ingin mempromosikan diri sebagai tokoh terbaik untuk bidang tertentu.

Jasa SEO akan memastikan untuk berbagai perusahaan atau individu tersebut mudah ditemukan secara online. Search Engine Optimizer berarti Anda memaksimalkan pengunjung dan minat pengguna internet untuk dapat menemukan suatu usaha, perusahaan atau individu.

12. Blogger

Memulai sebuah blog juga bisa loh menghasilkan. Anda bisa menyediakan content placement, iklan dalam bentuk feature atau menyediakan backlink untuk website lain yang sesuai dengan niche kamu.

Kamu bahkan bisa kok berpenghasilan berlipat-lipat hanya dari pemasangan iklan di blog. Tentu cara ini tidak dapat diraih dalam waktu semalaman. Namun bila ditekuni maka tentu akan dapat menghasilakan.

13. Online Teacher

Ide kerja freelance teacher adalah memakai media massa untuk mengajarkan sesuatu ilmu. Kamu bisa jadi guru bahasa Inggris, guru matematika bahkan guru yang mengajarkan berbagai ilmu yang ditawarkan di tempat-tempat kursus seperti perpajakan, cara buat website, dan lain sebagainya.

Bahkan kamu tidak hanya mengajar dengan satu siswa perkelas. Kamu bisa menawarkan beberapa orang sekaligus untuk bersama-sama belajar dalam satu kelas yang sama untuk menekan biaya.

Cara ini lebih hemat waktu, hemat biaya dan tentu juga memberikan kebebasan waktu yang kamu butuhkan.

Kerja Online Lewat Situs Ini

Bingung mencari lowongan freelance ? Kamu bisa menawarkan jasa melalui sosial media atau bisa juga bergabung dengan platform marketplace. Tempat cari kerja freelance ini menawarkan berbagai pilihan freelance job dengan sistem rekening bersama. Freelance dan klien merasa lebih nyaman karena ada kepastian uang akan didapat dan pekerjaan akan diselesaikan.

Beberapa situs terpecaya untuk mengembangkan diri dalam bidang freelance di antaranya termasuk:

  1. Freelance.com
  2. Sribulancer.com
  3. Projects.co.id
  4. Upwork.com
  5. Guru.com
  6. 99designs.com
  7. Fiverr.com
  8. Toptal.com
  9. Stackoverflow.com

Nah, bagaimana? Apakah kamu berminat untuk mulai kerja freelance? Beberapa pekerjaan di atas bisa jadi inspirasi bagi kamu.

ditulis oleh

Anis Faridatunisak

Jalan Buntu menyuguhkan informasi menarik seputar bisnis, hubungan, kesehatan, kecantikan, review game, dunia wanita, saham, dan berbagai informasi terpercaya lainnya.