tips traveling saat corona

Tips Traveling Saat Corona Ini Wajib Diperhatikan – Apakah Anda sudah booking semua kebutuhan perjalanan berbulan-bulan lalu? Atau sedang merencanakan liburan solo atau dengan keluarga? Traveling perlu banyak persiapan. Dengan wabah Covid-19 atau lebih populer dengan nama corona virus, Ada berbagai masalah yang terjadi.

Tips Traveling Saat Corona Melanda

Anda punya lebih extra persiapan. Bahkan melebihi dari persiapan yang biasanya. Bisa dari informasi atau kebiasaan-kebiasaan sehat yang biasa dilakukan. Agar lebih tenang memutuskan. Cermati tips traveling berikut untuk melakukan liburan saat adanya wabah corona.

1. Membuat Keputusan

traveling saat corona

Batalkan semua booking atau tetap pergi? Tetapkan dahulu keputusan tersebut sebelum membuat persiapan apapun. Melakukan persiapan setengah hati hanya akan mengakibatkan hati tidak tenang, membuat stres dan menjadikan kekebalan tubuh menurun karena kekhawatiran. Akhirnya Anda malah jadi tidak bisa menikmati apapun selama liburan.

Terutama bila Anda pergi dengan teman atau orang banyak. Semua harus sepakat dan mengambil keputusan bersama. Terutama bila akomodasi  bersama-sama. Kalian perlu mencapai kesepakatan dari awal untuk menghindari masalah dalam perjalanan.

2. Kenali Pribadi Diri

Traveling saat corona

Manfaat traveling yang paling mendasar adalah orang akan lebih mengenal dirinya sendiri. Ada yang suka pergi ketempat menantang, lebih memilih untuk menyendiri, bepergian dengan nyaman atau tidak keberatan dengan keribetan di jalan asal bisa berhemat.

Kalau Anda merasa bisa menghadapi wabah corona yang paling rentan tersebar melalui perjalanan. Mungkin karena merasa selalu dalam keadaan prima atau tidak mudah sakit, maka lanjutkan membaca tips traveling dibawah ini. Kalau Anda gampang lelah dan stres juga panikan, mungkin lebih baik membatalkan perjalanan untuk ketenangan batin.

3. Mengumpulkan Informasi

traveling saat corona

Ada banyak berita terupdate secata online untuk wilayah-wilayah tertentu yang sudah positif terdapat pasien yang positif terkena virus covid-19. Maskapai juga akan berbagi informasi untuk negara dan kota yang mendapatkan perintah karantina atau lock down.

Bila tempat tujuan Anda masih aman, tidak ada alasan untuk khawatir berlebihan, namun tetap waspada dan memantau terus kondisi terbaru. Bahkan  sebelum berangkat tetap bisa saja ada perubahan terbaru. Hindari berada di daerah tertentu yang akhirnya menyulitkan Anda untuk kembali karena harus masuk karantina.

4. Refund

traveling saat corona

Bila Anda melakukan persiapan sebelum wabah ini, maka mungkin Anda tidak berdaya dengan semua pembayaran yang ada terjadi. Namun, bila daerah tersebut sudah menerima perintah karantina, informasi tersebut kadang bisa bermanfaat sebagai alasan untuk meminta pengembalian uang.

Bila Anda baru dalam tahap persiapan, mintalah kejelasan adanya kebijaksanaan refund dari hotel, maskapai atau akomodasi lainnya. Saat virus ini meluas keseluruh dunia, hampir bisa dipastikan usaha travel terpuruk, jadi bila ada permintaan refund, ada kemungkinan besar permintaan tersebut sudah termasuk dalam kebijakan perusahaan.

5. Membiasakan Minimalis Kontak

traveling saat corona

Kita tidak terbiasa dengan membatasi diri dari kontak dengan orang lain. Sebelum berangkat, Anda harus waspada pada berbagai hal yang berhubungan dengan kemungkinan menyebarkan virus. Hal ini bisa dari hal kecil seperti tidak berjabatan tangan atau berhati-hati dengan apa yang Anda pegang ketika berada di wilayah publik. Hindari menyentuh benda-benda di area publik seperti, tiang, kursi, pegangan bangku sampai tong sampah.

Pakailah hand sanitizer dan lebih sering mencuci tangan. Anda juga dapat menggunakan masker dan membawa tissu yang sekali pakai. Mengusapkan tissu pada pegangan pintu saat berada di toilet atau masuk bangunan adalah hal kecil yang tidak terpikirkan bisa jadi sarana untuk terinfeksi virus.

6. Periksa Kesehatan

traveling saat corona

Siapa saja bisa terinfeksi dengan virus corona. Tips traveling berikut ini perlu kamu lakukan. Terutama bila Anda ingin sehat walafiat dari mulai berangkat sampai kembali. Minum air putih yang banyak, konsumsi vitamin dan makanan yang segar dan sehat. Periksa kesehatan dengan dokter bila perlu.

Pihak medis akan dapat memberikan tips lebih detail untuk Anda lakukan sebelum bepergian. Oleh karena itu berikan informasi dengan jujur dan tidak menutupi apapun agar mereka dapat memberikan saran terbaiknya.

7. Hindari Tempat Ramai

traveling saat corona

Bila Anda berpergian untuk mengunjungi konser, stadion, festival atau acara yang ada banyak orang, pertimbangkan kembali pilihan tersebut. Anda mungkin sehat sekarang, namun berada dikerumuman orang banyak disekeliling Anda akan memperbesar kemungkinan infeksi. Pilih tempat yang jauh dari keramaian dan lebih berelaksasi.

Sesuaikan dengan selera dan tempat tujuan Anda. Hal ini juga bisa jadi variasi bagi Anda yang selalu berlibur ketempat-tempat wisata yang juga populer dikalangan wisatawan lainnya. Perfikirlah out-of-the-box dan mengunjungi tempat yang tidak terlalu ramai. Opsi lainnya adalah bepergian pada jam-jam tidak terlalu ramai.

8. Lebih Ribet

traveling saat corona

Mulai Anda menginjakan kaki di airport sampai kembali akan ada pemeriksaaan seperti biasanya. Dengan adanya virus ini, maka pemeriksaan tersebut akan lebih lama dan panjang. Bila Anda bepergian dengan keluarga, teman atau kerabat, pastikan semua paham dengan pentingnya pemeriksaan tersebut.

Selain itu bila kembali, ada juga kemungkinan karantina, pastikan Anda tidak was-was dan buru-buru untuk kembali beraktifitas. Pastikan semua orang teredukasi dan tidak panik. Karena justru akan memperburuk keadaan. Jalani semuanya dengan tenang dan teratur.

9. Jaga kesehatan Saat Liburan

traveling saat corona

Mencoba makanan baru atau mengkonsumsi junkfood adalah dua hal yang dapat membuat Anda sakit. Karena adanya ancaman covid-19, Anda perlu lebih memperhatikan apa yang Anda makan. Karena bila dalam keadaan sakit seperti panas sedikit atau radang tenggorokan dapat terindikasikan sebagai gejala virus ini.

Anda tentu tidak suspect patient virus ini dan akhirnya harus melakukan berbagai test di Rumah Sakit dan akhirnya merusak acara liburan. Tiap orang yang Anda temui dapat meminta Anda melakukan test, jadi hindari adanya keributan dengan benar-benar menjaga kesehatan tubuh.

10. Fokus Bersenang-senang

Traveling saat corona

Kalau semua persiapan sudah dilakukan, maka Anda tinggal mengikuti sistem yang sudah berjalan. Baik di bandara, hotel atau tempat keramaian lainnya. Yakinlah bahwa tiap tempat tersebut juga mempunya sistem untuk mewaspadai wabah ini. Liburan tetap harus dapat membuat Anda senang dan bukan menambahkan stres.

11. Komunikasi

traveling saat corona

Selalu memberikan informasi dengan salah satu keluarga yang Anda percayai dan tidak panikan. Karena dengan adanya wabah virus ini semua orang akan perlu konfirmasi dimana semua anggota keluarganya agar dapat beraktifitas dengan tenang.

Anda cukup mengirimkan sms atau menggunakan sosial media untuk mengabarkan orang-orang disekitar Anda. Bahkan dengan demikian Anda juga mengabarkan pada orang lain bahwa kondisi tempat yang wisata cukup aman.

Jadi, setelah membaca berbagai tips traveling saat adanya wabah corona di atas, apakah Anda menjadi lebih mantap untuk tetap meneruskan perjalanan Anda? Atau merasa lebih baik membatalkan semuanya dan menunda keberangkatan? Apapun pilihannya, semua tergantung pilihan masing-masing. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk membuat keputusan Anda menjadi lebih mantap.

ditulis oleh

Anis Faridatunisak

Jalan Buntu menyuguhkan informasi menarik seputar bisnis, hubungan, kesehatan, kecantikan, review game, dunia wanita, saham, dan berbagai informasi terpercaya lainnya.