relationship

Apakah kamu saat ini sedang menjalani suatu hubungan asmara dengan si doi? Merasa bahwa hubunganmu akhir-akhir ini cenderung lagi nggak baik-baik saja dan terkesan menjadi toxic relationship? Perasaan seperti ini wajar banget bagi setiap pasangan. Hanya saja sebagian diantaranya adalah karena perasaan khawatir.

Sedangkan sebagian lagi karena memang benar-benar sedang bermasalah. Terkadang perasaan seperti ini muncul akibat rasa cinta, saling bergantung, serta takut kehilangan yang berlebihan. Mau nggak mau akhirnya mereka menutup mata dari hubungan yang terkesan toxic. Mau tahu apakah hubunganmu termasuk dalam kategori toxic atau tidak? Dibawah ini tanda-tanda hubungan toxic yang harus kamu waspadai.

Tanda Toxic Relationship dalam Asmara

Hubungan yang toxic seringkali menimbulkan banyak permasalahan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Jika kamu sudah merasa hubunganmu memiliki tanda-tanda seperti ini sebaiknya segera akhiri atau perbaiki.

1. Merasa nggak Aman Bersama Pasangan

Perlu kamu ketahui, bahwa rasa aman dan nyaman muncul karena terjalinnya hubungan yang sehat. Kamu bakal senantiasa merasa aman dan nggak takut dengan hal-hal buruk yang mungkin saja terjadi. Contohnya saja saat sedang bersama. Namun jika sebaliknya, bisa jadi hubunganmu tersebut adalah toxic. Kamu cenderung menjadi cemas, khawatir, serta merasa ketakutan akan hal-hal buruk lain seperti putus..

2. Terlalu Cemburuan alias Posesif

Merasa nggak bebas saat akan melakukan hal-hal tertentu atau pergi ke mana pun? Mungkin saja ini jadi salah satu tanda toxic dalam hubungan mu loh. Seseorang yang cemburu memang bisa menjadi tanda cinta. Namun jika berlebihan hingga masuk ke kategori posesif, justru hal ini bukan karena kita. Melainkan hanya karena rasa saling memiliki yang bisa berakibat membatasimu dari dunia luar.

3. Nggak Bisa Jadi Diri Sendiri

Pasanganmu selalu menuntut ini dan itu yang harus kamu turuti? Dalam sebuah hubungan kebebasan menjadi hal penting. Salah satunya yakni membebaskan pasangan untuk bisa jadi dirinya sendiri. Jika pasanganmu terlalu memaksamu buat jadi orang lain, sebaiknya pikirkan kembali hubungan tersebut. Tapi hal ini nggak berlaku loh bagi perubahan ke hal-hal yang baik.

4. Merasa Cemas dan Nggak Bahagia

Kebahagiaan menjadi tujuan utama dalam sebuah hubungan asmara. Siapa sih yang nggak ingin menjalin hubungan dengan bahagia dan saling menyayangi? Tapi faktanya ada juga lo hubungan yang bukan dilandasi atas kebahagiaan. Hubungan seperti ini seringkali menimbulkan rasa cemas dan sedih yang bisa menyakiti diri maupun pasangan.

Bagi kamu yang mempertanyakan apakah hubunganmu toxic atau tidak, tanda-tanda di atas bisa menjadi jawaban. Jika merasa hubunganmu benar-benar toxic, sebaiknya diskusikan hal ini pada pasangan. Kamu bisa mengambil keputusan buat memperbaiki segala sesuatunya atau memutuskan hubungan.

ditulis oleh

Anis Faridatunisak

Jalan Buntu menyuguhkan informasi menarik seputar bisnis, hubungan, kesehatan, kecantikan, review game, dunia wanita, saham, dan berbagai informasi terpercaya lainnya.