Diet sehat penderita maag

Diet Sehat Untuk Penderita Maag – Mengurangi porsi makan adalah defini diet yang kita ketahui. Ketika seseorang berkata akan melakukan diet, biasanya karena makan dengan porsi besar atau terlalu sering. Tapi diet sehat sebenarnya adalah mengatur pola makan sesuai dengan kondisi tubuh.

Melakukan diet sehat dan cepat harus terlebih dahulu mengenali kesehatan diri sendiri. Bila kamu melakukan diet mengikuti teman atau trend yang sedang populer, keefektifannya belum tentu maksimal. Seperti penderita maag yang kerap merasakan asam lambung dan tidak boleh telat makan. Lalu bagaimanakah diet sehat untuk penderita maag? Yuk, coba singkapi ulasannya sebagai berikut.

Pengidap Maag Coba Diet Sehat Berikut

Hubungan love and hate dengan makanan menjadi hal lazim saat melakukan diet. Saat stress kita stress eating dan ketika menyadari berat badan meningkat menolak makan secara berlebihan. Akibatnya? Kita akhirnya menderita maag dan kesulitan menemukan diet sehat yang bisa dilakukan.

Bagi kamu yang sedang mencari solusi diet walau mengalami masalah dengan lambung, coba beberapa saran yang sudah kami rangkum berikut ini. Semoga ada cara yang cocok dengan kebiasaan dan pola makanmu.

Mengatur Jam Makan

Diet yang sehat adalah yang memiliki pola. Tentu tidak terlalu terasaa saat muda, namun dengan berjalannya waktu, tubuh kita membutuhkan konsistensi. Jadi untuk menjalani diet sehat, terlebih dahulu kamu tentukan waktu makan dan kapan perlu menyantap makanan kecil atau cemilan.

Kamu bisa melakukan brunch bila tidak suka sarapan. Kamu juga bisa disiplin waktu dan makan malam sebelum jam 6 agar tidak terlalu kenyang sebelum tidur. Satu lagi hal yang penting, waktu ada acara makan-makan atau kondangan. Sesuaikan waktu makanmu agar tetap sesuai dengan pola yang sudah berjalan dan tidak menggangu acara bersosialisasi.

Memperhatikan Porsi

Orang yanperlu mengurangi berat badan, tidak selalu makan dengan porsi banyak. Tapi biasanya sih begitu. Karena penyakit maag menyebabkan reaksi saat makan terlalu banyak atau terlalu sedikit, maka kamu harus memperhatikan porsi makanmu.

Umumnya, penderita maag akan makan lebih sering dengan porsi kecil. Memberikan waktu untuk cemilan sebagai selingan dapat memberikan variasi. Kamu bisa menakar porsi dengan ukuran sendok agar lebih mudah. Tapi bisa juga dengan ukuran timbangan atau takaran kalori.

Jenis Makanan

Penderita maag perlu berkonsultasi dengan dokter untuk makanan apa saja yang baik untuk kondisinya. Diet sehat yang ramah untuk maag adalah menghindari makanan yang asam seperti jeruk, mangga, sayur asam, santan, dan lain sebagainya.

Sebagai program diet maka bisa mengkonsumsi ayam tanpa kulit, ikan dan mengurangi daging. Perhatikan pula asupan sayur dan buah-buahan. Makanan yang tepat bagi penderita maag yang sedang berdiet adalah yang tidak menimbulkan asam lambung. Jadi bila lambungmu tidak nyaman, ingat-ingat kamu baru makan apa sebelumnya.

Pantangan Diet Sehat

Saat melakukan diet, selain memperhatikan makanan juga menghindari hal-hal lain yang dapat menggangu metabolisme yang mulai terbentuk. Hindari bergadang dan tidur larut malam. Bekerja melebihi waktunya juga dapat mengarah pada stress. Lalu apa yang terjadi? kamu bisa stress eating atau sakit.

Kamu juga perlu berhenti mengkonsumsi alkohol atau merokok. Bila kamu menyukai makanan manis, maka kamu juga perlu waspada dengan asupan gula yang tinggi. Jangan salah, nasi, permen, roti, ice cream, coklat adalah contoh makanan yang memiliki tinggi kandungan gulanya. Diet sehat yang cepat adalah dengan mengurangi asupan gula agar tidak berlebihan. 

Olah Raga

Jangan lupa untuk berolah raga untuk menyempurnaakan diet yang sedang dijalani. Menggerakan tubuh selain baik untuk kelenturan tubuh juga berfungsi untuk membakar lemak yang sudah tertumpuk dalam tubuh. Kalau ingin tahu massa lemak tentu kamu harus mendatangi dokter. Namun secara umum, timbunan lemak berada pada lengan, perut, leher.

Perhatikan pula kondisi maagmu. Kamu dapat mulai olah raga ringan terlebih dahulu dan berlahan mengarah pada olah raga yang lebih intensif. Hal ini bisa dengan mengatur waktu olah raga dan jenisnya.

Perawatan Tubuh

Kamu yang sedang melakukan diet sehat juga dapat perlu melakukan perawatan tubuh. Kondisi kulit dan bagian tubuh juga kerap berubah dengan diet yang benar. Jadi saat berdiet, kamu juga lakukan perawatan tubuh. Tidak perlu yang rumit atau menguras kantong.

Kamu dapat mendapatkan pijatan untuk memperbaiki kondisi tulang dan tubuh. Kamu juga dapat memakai skincare yang sesuai usiamu agar kulit kembali kencang. Hand body lotion atau lotion tubuh juga dapat melembabkan kulit yang kering karena proses diet.

Nah. bagaimana? Diet walau memiliki penyakit maag ternyata tidak sulit bukan? Kamu hanya perlu mengatur diri dan mengadopsi pola hidup yang teratur. Dengan demikian diet sehat yang dijalani bisa menurunkan berat badan sekaligus menyehatkan. Selamat mencoba.

ditulis oleh

Anis Faridatunisak

Jalan Buntu menyuguhkan informasi menarik seputar bisnis, hubungan, kesehatan, kecantikan, review game, dunia wanita, saham, dan berbagai informasi terpercaya lainnya.