Perlindungan Hutan Indonesia

Membicarakan mengenai hutan, tentu erat kaitannya dengan keanekaragaman flora dan fauna. Berbagai tanaman maupun binatang langka hidup dan berkembang biak di sini. Sehingga penting bagi kita semua untuk menjaga kelestarian dan melakukan perlindungan hutan Indonesia.

Mengingat saat ini ada banyak kasus yang berkaitan dengan perhutanan. Misalnya saja seperti kasus kebakaran hutan, penerbangan secara liar, jual beli pepohonan langka, indah pengukuran kawasan hutan. Jika di biarkan berlanjut, sudah bisa di pastikan kelestarian flora dan fauna akan terancam.

Namun bukan itu saja. Persoalan mengenai kelestarian hutan juga menjadi ancaman yang serius bagi kehidupan manusia. Akan terjadi ketidakseimbangan pada ekosistem makhluk hidup. Sebagai generasi muda, kita lah nantinya yang akan merasakan dampak dari ancaman tersebut.

Jadi sudah selayaknya jika para generasi muda ini memberikan peranan terbaiknya dalam lindungi hutan Indonesia. Kitalah yang nantinya akan memimpin dan melakukan gerakan dalam melindungi hutan. Lantas apa saja yang bisa di lakukan demi melestarikan dan menjaga hutan kita?

Saya sendiri memiliki pernyataan dan pendapat terkait persoalan hutan yang kini tengah di alami Indonesia. Tapi sebelumnya akan kita bahas dulu mengenai pentingnya melindungi hutan Indonesia.

Seberapa Penting Tindakan Perlindungan Hutan Indonesia?

Perlindungan Hutan Indonesia
Perlindungan Hutan Indonesia

Jarang di sadari, tetapi terganggunya kawasan hutan bisa menimbulkan banyak persoalan pada lingkungan. Misalnya saja seperti hutan yang gundul berisiko menimbulkan tanah longsor, banjir hingga pencemaran air. Berbagai binatang liar juga juga akan kehilangan tempat tinggalnya di alam.

Bahkan bisa jadi, beberapa di antaranya masuk ke kawasan perkampungan dan mengganggu pedesaan. Kasus binatang liar yang mengganggu penduduk pastinya sudah sering kita dengar. Lahan persawahan dan perkebunan di serang oleh segerombolan binatang liar, hewan peliharaan terancam dan sebagainya.

Dalam mengatasi persoalan ini di perlukan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat, terutama generasi muda calon pemimpin bangsa. Sangat miris memang mendengarkan kasus mengenai kondisi hutan yang semakin parah.

Apalagi jika ketidakseimbangan alam di hutan merupakan tanggung jawab dari beberapa oknum yang hanya memikirkan perutnya saja. Sebagai generasi muda calon pemimpin bangsa, tentu kita harus berupaya sebaik mungkin untuk mengatasinya.

Mimpi jadi Pemimpin demi Hutan Lestari

Perlindungan Hutan Indonesia

Sebagian dari kita mungkin pernah bertanya pada diri sendiri atas mimpi dan tujuan yang ingin di capai. Seperti halnya saya sendiri. Bila nantinya saya memiliki kesempatan besar untuk memimpin bangsa, masalah perhutanan akan menjadi salah satu fokus kebijakan.

Tentu saja fokus ini menjadi kebijakan lain di samping mengatasi persoalan pendidikan, kesehatan, garis kemiskinan, pengangguran dan lain sebagainya. Meski menjadi pemimpin, bukan berarti saya akan bisa mengatasi masalah perhutanan di Indonesia seorang diri.

Solusi melindungi hutan harus di galakkan oleh setiap aspek masyarakat di berbagai kalangan. Setiap sektor juga harus dan ikut andil dalam kegiatan melindungi hutan. Jadi bisa di simpulkan, jika langkah pertama yang akan saya ambil adalah dengan memberikan kesadaran bagi masyarakat.

Masyarakat perlu tahu mengapa dan seberapa pentingnya menjaga hutan bagi kehidupan makhluk hidup, termasuk manusia. Hal kecil yang akan saya ambil sebagai langkah pencegahan kerusakan hutan, yakni memberikan sosialisasi di masyarakat.

Baik itu dalam lingkup pendidikan, area perkantoran, bisnis hingga berbagai kegiatan di kawasan perhutanan. Kita perlu menggalakkan hal-hal kecil yang bisa meminimalisir kerusakan hutan. Di antaranya saja seperti,

  • Menghindari penebangan hutan dalam jumlah besar
  • Menghimbau melalui larangan pembuangan sampah di hutan
  • Larangan penjualan tumbuhan langka di hutan
  • Larangan membakar sampah atau menyalakan api di hutan
  • Menggeser kawasan hutan menjadi pemukiman
  • Melarang penggunaan bahan kimia di hutan seperti sabun

Meski tampak sepele, tapi beberapa langkah pencegahan di atas bisa meminimalisir resiko kerusakan hutan. Namun melihat banyaknya kasus atau persoalan yang melibatkan kelestarian hutan, tentu langkah pencegahan saja tidaklah cukup. Diperlukan pula langkah pemulihan demi memperbaiki kondisi hutan Indonesia.

  • Melakukan reboisasi demi menjaga kondisi hutan tetap hijau
  • Memberikan kesadaran mengenai pentingnya sistem tebang pilih
  • Memberikan peraturan mengenai kegiatan yang di lakukan di dalam hutan

Langkah di atas sebenarnya cukup efektif dalam memulihkan kondisi hutan yang rusak. Asalkan saja masyarakat benar-benar paham dan mau melakukan aksi tanggung jawab pada lingkungan. Sehingga sebagai pemimpin bangsa, saya rasa meningkatkan kesadaran masyarakat melalui kampanye pelestarian hutan adalah langkah tepat.

Tetapi, tindakan untuk melindungi hutan di Indonesia tidaklah berhenti sampai di sini. Memiliki wewenang yang cukup besar dalam pemerintahan, pastinya tidak boleh saya sia-siakan. Berbagai kebijakan dan hukum sudah selayaknya di tetapkan maupun diterapkan.

Kebijakan Demi Kelestarian Hutan Indonesia

Seandainya mimpi untuk menjadi pemimpin bangsa bisa tercapai, fokus dalam penanganan hutan pastinya harus di maksimalkan. Berbagai aturan sudah selayaknya di terapkan dan di ikuti oleh seluruh warga negara. Berikut kebijakan penting tersebut.

1. Aturan Tegas bagi Perindustrian

Adanya aturan tegas mengenai industri yang melibatkan perlindungan hutan Indonesia sangat wajib di berlakukan. Mengingat beberapa kasus kerusakan hutan di sebabkan oleh kegiatan perindustrian.

Termasuk kebijakan mengenai pembuangan limbah, penebangan pohon, pendirian industri atau bangunan di hutan, pengerukan tanah dan sebagainya. Dibuatnya aturan ini memiliki kaitan erat dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya pola konsumsi masyarakat.

Di jaman sekarang masyarakat cenderung memanfaatkan alam secara berlebihan. Misalnya saja kebutuhan bahan baku kertas, pakaian, bahan bangunan, hingga pemanfaatan tanaman liar sebagai pasokan sumber daya.

2. Kampanye Pelestarian Hutan

Peran generasi muda sangat penting dalam melestarikan hutan di Indonesia. Sehingga kesadaran akan menjaga alam harus di miliki oleh setiap manusia sejak usia dini. Bahkan sejak sebelum mengenal bangku sekolah, di sarankan bagi orang tua untuk mengenalkan alam pada anak.

Sedangkan kampanye pelestarian hutan di lingkungan pendidikan, pekerjaan hingga masyarakat umum sangatlah beragam. Hal ini bisa di mulai dari gotong-royong untuk melakukan reboisasi di hutan-hutan yang gundul dan berpotensi longsor.

Inilah jawaban dan pernyataan penting yang akan saya fokuskan bila kelak menjadi seorang pemimpin. Memaksimalkan upaya dari berbagai aspek dan sektor masyarakat adalah hal utama demi perlindungan hutan Indonesia.

Peran Pemimpin dan Masyarakat dalam Perlindungan Hutan

Perlindungan Hutan Indonesia

Seorang pemimpin mengemban tugas yang cukup besar dalam mewujudkan lingkungan sosial dan alam yang seimbang. Mengingat banyak keputusan dan gebrakan positif yang bisa di lakukan demi menjaga alam tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Meski begitu, kelestarian hutan bukan hanya menjadi tugas seorang pemimpin negara saja. Tetapi sebagai masyarakat dan calon generasi penerus bangsa, setiap orang memiliki tanggung jawab bersama dalam menciptakan alam yang bersahabat.

Bagi kalian para generasi muda, menjaga hutan dan alam tidak harus di lakukan melalui langkah besar. Memulai dengan langkah kecil bisa menjadi solusi tepat, seperti membuang sampah di tempatnya, tidak membakar sampah, serta mengurangi limbah plastik.

Selain itu, mengurangi pemakaian kendaraan bermotor, hemat listrik dan juga menanam pohon juga menjadi langkah efektif perlindungan hutan Indonesia. Sebagai generasi muda yang bijaksana, sudah selayaknya kita semua bertanggung jawab pada alam. Yuk, segera mulai langkah menciptakan kawasan hutan dan alam yang sehat!

ditulis oleh

Anis Faridatunisak

Jalan Buntu menyuguhkan informasi menarik seputar bisnis, hubungan, kesehatan, kecantikan, review game, dunia wanita, saham, dan berbagai informasi terpercaya lainnya.