Toxic Relationship

Toxic Relationship yang Menjebak? Ini Solusinya! – Kalian semua pasti udah nggak asing lagi kan dengan yang namanya “bucin” atau “budak cinta”? Sapaan ini memang akrab banget buat mereka-mereka yang mengalami cinta buta. Atau mungkin kamu juga mengalaminya?

Punya rasa cinta yang terlalu besar pada pasangan justru bisa berakibat buruk loh buat hubunganmu. Kalian bisa bisa cenderung jadi posesif, emosional, nggak punya kebebasan, hilangnya rasa saling percaya dan sebagainya. Apa seperti ini yang dinamakan cinta dan sayang dalam sebuah hubungan?

Hubungan seperti ini justru dikategorikan sebagai toxic relationship atau hubungan yang beracun. Jadi sudah pasti, menjalin hubungan yang toxic sangatlah nggak sehat. Lalu bagaimana jika kamu udah terlanjur terjebak pada hubungan seperti itu? Ini nih solusinya!

[Baca Juga]
Mengatasi Hubungan yang Renggang Butuh Usaha Ekstra

Toxic Relationship Tanda Hubunganmu sedang Nggak Baik

Stop Kekerasan Berbasis Gender pada Perempuan! Jangan Pandang Kami Sebelah Mata


Solusi Keluar dari Jebakan Toxic Relationship

Bagi yang kamu yang sekarang tengah menjalani hubungan toxic, cobalah solusi berikut.

Meningkatkan Self Love

Sudahkah kamu punya rasa cinta buat dirimu sendiri? Jarang disadari, tapi kebanyakan orang terlalu besar mencintai pasangan dan lupa untuk mencintai dirinya sendiri. Coba saja banyangkan!

Bagaimana bisa kita sayang pada orang lain kalau diri sendiri aja nggak diperhatikan dan nggak disayang? Makanya, mulailah buat mencintai diri sendiri biar pasangan bisa merasakan sayang yang kamu berikan tanpa terkesan toxic.

Mendengarkan Isi Hati

Sesekali kamu perlu buat mendengarkan isi hatimu. Tanyakan pada diri sendiri mengenai kondisi hubungan dan kebahagiaan yang kamu rasakan. Jika kamu merasa nggak bahagia dan nggak ada kenyamanan, sebaiknya akhiri hubungan tersebut. Kamu perlu mendengarkan isi hati yang paling dalam, lalu lakukan apa yang benar-benar membahagiakanmu.

Akuilah Hubunganmu Bermasalah

Kebanyakan orang yang berada dalam hubungan toxic, pasti nggak menyadari dengan kondisi tersebut. Benarkan? Ya, meskipun mereka sudah mengalami banyak hal buruk dan merugikan.

Faktanya, mereka cenderung mengesampingkan perasaan akan masalah yang ada dalam hubungan loh. Coba deh, sesekali renungkan kembali apakah hubunganmu tersebut layak buat dipertahankan! Akuilah ketidaknyamanan tersebut biar pikiranmu makin terbuka.

Jangan Memaksakan Cinta

Terlalu bucin, bisa-bisa bikin kamu jadi memaksakan rasa cinta seseorang loh. Padahal rasa cinta itu nggak bisa dipaksakan, apalagi bila kamu benar-benar nggak punya tempat di hatinya. Lebih baik relakan saja, lalu cari dia yang juga menyukaimu. Mudah kan?

Miliki Rasa Saling Percaya

Terkadang, hubungan yang toxic muncul karena rasa cinta terlalu besar hingga berujung rasa memiliki. Jadi jangan heran, kalau ada saja pasangan yang menjadi terlalu posesif dan nggak punya kepercayaan pada pasangan.

Tahu nggak sih kamu, kalau faktor penentu hubungan yang sehat dan lancar adalah atas dasar rasa saling percaya? Jadi kalau hubunganmu sekarang cuman posesif aja, bisa jadi itu hanya karena rasa ingin memiliki. Pikirkan kembali hal ini!

Nggak bisa kita pungkiri, pasti setiap orang ingin punya hubungan yang bahagia. Namun berada di hubungan yang toxic justru akan menjauhkan mu dari kebahagiaan tersebut. Jadi luangkan lah waktu, pikiran, serta hatimu buat memikirkan kembali kondisi hubunganmu. Ingatlah, bahwa menjalin asmara dalam toxic relationship nggak akan bikin kamu bahagia!

ditulis oleh

Anis Faridatunisak

Jalan Buntu menyuguhkan informasi menarik seputar bisnis, hubungan, kesehatan, kecantikan, review game, dunia wanita, saham, dan berbagai informasi terpercaya lainnya.