Virus Corono atau Covid-19, nyatanya memang memberikan dampak yang begitu siginifikan dikalangan para pekerja. Tidaklah mengherankan, jika kini kerja online menjadi pilihan banyak orang.

Menjadi seorang content writer, sudah aku lakukan sejak 2 tahun yang lalu. Ya, sehari-hari aku memang bekerja sebagai penulis. Entah itu menjadi penulis lepas, ngeblog hingga copy writer. Handphone dan laptop menjadi senjata penting yang senantiasa menunjang hobi, sekaligus pekerjaanku tersebut.

Sayangnya, kini laptop yang biasa aku pakai udah mulai lemot. Nggak jarang laptop nge-hang, baterai yang cepat habis dan pengoperasian jadi berat. Tentu saja, kerjaan menulis pun jadi terbengkalai. Kayaknya emang udah kode nih. Kalau bisa ngomong, paling si laptop udah bilang “Aku capek, stop! Aku butuh di-upgrade” gitu kali ya?

Tapi sayangnya, memilih laptop yang bisa menunjang pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Aku harus tahu nih bagaimana performa dan kualitasnya. Jangan sampai baru dipakai udah banyak masalah. Hmm, nyesek kan pastinya? Nah, berhubung suami orang IT, disaranin dong buat pakai laptop ASUS VivoBook 14 A416.

Kualitas dan Performa Laptop ASUS VivoBook 14 A416

Bagaimana sih kualitas dari produk ASUS ini? Apa benar memang oke dan cocok banget buat kerja online? Biar kamu tahu saja, produk ASUS menawarkan berbagai kelebihan seperti ini loh.

Body dan layar yang simpel dan nyaman di mata

  • Dimension 32.54 x 21.60 x 1.99 ~ 1.99 cm
  • Berat 1,6 Kg
  • Warna Transparent Silver, Slate Grey

Body VivoBook 14 (A416) dirancang begitu tangguh yang terbuat dari logam demi memperkuat perangkat. Seperti halnya di chasis utama dan rangka layar.  Produk ini juga telah menghadirkan perlindungan ekstra untuk HDD yang bernama E-A-R HDD Protection.

Di mana fungsinya adalah untuk menyerap getaran ketika perangkat terguncang. Menjadi salah satu laptop modern, tentu saja ASUS memberikan konsep mobilitas tinggi pada produknya. Hal ini bisa kamu lihat lewat tampilan desainnya yang memiliki body simpel.

Produk juga berbobot ringan, yakni 1,6 kg dengan ketebalan yang mencapai 19.9 mm. Bagi aku yang kerja online, pastinya keunggulan ini akan sangat memudahkan. Aku bisa bepergian dan kerja dimanapun, tanpa khawatir harus membawa laptop yang berat.

Bahkan demi kenyamanan, ASUS menyediakan charger yang begitu ringkas loh. Kamu pun bisa dengan mudah membawanya tanpa perlu memenuhi banyak tempat. Body yang simpel dari produk ASUS ini, tentu saja berkat hadirnya teknologi eksklusif NanoEdge Display.

  • 14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) IPS Anti-Glare
  • 14.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare
  • 14.0″ (16:9) LED backlit HD (1366×768) Anti-Glare

Hadirnya teknologi tersebut, memungkinkan layar laptop punya screen-to-body ratio mencapai 82%. Tak tanggung-tanggung, kualitas layarnya pun tergolong oke banget. ASUS didukung dengan tampilan layar Full HD dengan ukuran 14 inci. Lantas apa efeknya bagi para pekerja di depan laptop?

Tentu saja banyak. Kamu bakal merasa lebih nyaman saat kerja di depan laptop maupun sekedar menikmati hiburan atau game online. Dan yang paling keren, layar sudah dilengkapi adanya lapisan anti-silau / anti-glare dengan dut pandang mencapai 178 derajat.

Keyboard yang nggak bikin capek buat ngetik

Keyboard telah menggunakan keyboard full size dan didukung penggunaan backlit. Di mana fitur ini mampu membuat laptop ASUS masih berfungsi secraa normal, meski dalam cahaya gelap. Desainnya pun bisa dibilang begitu ergonomis dan tampak kokoh. 

Ada lagi nih yang bikin nyaman ketika kamu menggunakan produk ASUS ini. Pasalnya,  tombol keyboard telah memiliki key travel yang jaraknya mencapai 1,4 mm. Tentu saja, desain ini sangatlah ideal buat dipakai mengetik saat kerja. Jari nggak akan cepat merasa capek dan pegal-pegal deh pokoknya.

Mau yang lebih oke lagi? Ada nih beberapa varian VivoBook 14 (A416) lain yang menambahkan keunggulan fitur. Kamu akan mendapatkan keamanan biometrik lewat hadirnya fitur fingerprint sensor yang terdapat di laptop kelas premium.

Dengan adanya fitur ini, kamu bakal lebih mudah buat masuk ke sistem Windows 10 Home lewat Windows Hello. Sering buka tutup laptop saat kerja? Fitur ini memungkinkan kamu nggak perlu lagi buat mengetikkan password saat masuk. Menarik bukan?

Performa lebih kencang dan nggak bikin kesel karena lemot

Laptop sering lemot dan terasa berat buat kerja? Kamu nggak akan lagi mengalami persoalan ini saat menetapkan pilihan di ASUS VivoBook 14 A416. ASUS senantiasa menampilkan performa yang memadai lewat prosesor hingga 10 th Gen Intel Core.

Prosesor yang satu ini bisa dibilang sangat modern, lantaran menawarkan beragam fitur dan teknologi terbaru dibidang digital. Di beberapa varian tertinggi ASUS ini, telah mengaplikasikan pemakaian prosesor Intel Core i5-1035G1.

  • Intel® Core i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
  • Intel® Core  i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
  • Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

Produk telah menggunakan konfigurasi 4 core dan 8 thread hingga boost clock yang mencapai 3,6 GHz. Melalui konfigurasi dan prosesor yang begitu mendukung, pastinya kenyamanan saat mengetik akan terasa sempurna.

Namun sebagai seorang content writer sekaligus desainer mandiri, tentu aku membutuhkan performa yang ekstra. Dan kerennya lagi, ternyata ASUS juga mempertimbangkan kebutuhan setiap penggunanya loh. Lantaran di beberapa varian lainnya, kamu bakal disuguhi chip grafis NVIDIA GeForce MX330.

Bagi yang membutuhkan performa grafis ekstra, hadirnya fitur ini sudah pasti memudahkan pekerjaanmu. Contohnya saja biar kamu yang ingin menggunakan aplikasi edit photo, video, hingga edit video game.

Lantas bagaimana dengan kualitas dari hardware-nya? VivoBook 14 (A416) telah mendukung konfigurasi hardware yang memadai untuk penyimpanan memori maupun data. Memori yang dipakai adalah DDR4 sebagai standar perangkat laptop modern.

  • 1TB 5400 rpm SATA HDD
  • 256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
  • 512GB PCIe® Gen3 x2 SSD
  • 1TB HDD + 256GB SSD

Kapasitasnya pun bisa di-upgrade mencapai 12GB. Untuk penyimpanan data, ASUS memiliki 2 jenis yakni 2.5” SATA dan juga M.2 PCIe. SSD maupun HDD bisa kamu sematkan dalam laptop sesuai konfirasi yang digunakan.

Didukung MyASUS buat berbagai layanan pengguna

Demi memudahkan pengguna, ASUS menyematkan aplikasi bawaan bernama MyAsus. Aplikasi ini mampu memantau status laptop yang kamu pakai, serta bisa melakukan troubleshooting sekaligus.

Manfaat lain aplikasi ini adalah kemudahan pemindaian sistem laptop, menemukan masalah hingga perbaikan otomatis. Terkait dengan keamanan dan kondisi laptop, MyAsus bisa memperlihatkan status garansi dan juga fasilitas layanan bagi para penggunanya.

Link to MyAsus yang memudahkanmu terkoneksi ke smartphone

Ada satu lagi nih fitur menarik dari ASUS. Namanya adalah Link to MyAsus yang memungkinkan kamu bisa terhubung dengan smartphone. Misalkan saja buat kamu yang ingin memindahkan data dari laptop ke smartphone atau pun sebaliknya.

Pastinya, kamu jadi lebih produktif bukan dalam bekerja secara online? Nah, fungsi dari Link to MyAsus sendiri adalah menampilkan pesan maupun notifikasi lain dari smartphone pada layar laptop.

Kamu pun bisa melakukan panggilan telepon dari laptop, bahkan manampilkan smartphone pada laptop ASUS. Seing berbagi file antara laptop dengan smartphone? Fitur Link to MyAsus ini, pastinya bakal memudahkan kamu.

Tersedia Microsoft Office yang mendukung kinerja content writer

Sering ngeblog dan mengetik artikel, mengharuskanku buat download software Microsoft Office. Tapi dengan laptop VivoBook 14 (A416), ternyata perangkat sudah dibekali dengan fitur Microsoft Office Pre-Installed.

Jadi, kamu nggak perlu lagi tuh keluar biaya tambahan buat membeli software resminya. Mengingat Microsoft Office sendiri adalah aplikasi office yang bisa dibilang terbaik di dunia. Bahkan, ada juga nih satu kamera yang bisa kamu andalkan buat meeting kerjaan. 

Fitur konektivitas ke berbagai perangkat digital lain

Produk yang satu ini sengaja dirancang sebagai laptop modern dengan mobilitas yang menunjang pekerjaan. Maka dari itu, perangkat telah menyediakan berbagai fitur konektivitas. Mulai dari tersedianya port USB Type-A, USB Type-C, HDMI hingga adanya combo audio jack pada perangkat.

  • 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm
  • Combo Audio Jack
  • 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
  • 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C
  • 2x USB 2.0 Type-A
  • Micro SD
  • Card reader

Nah, buat konektivitas nirkabel, perangkat telah mendukung WiFi 5 (802.11ac), serta Bluetooth 4.1. Hadirnya berbagai fitur ini bakal memudahkanmu buat terkoneksi ke semua periferal, layar, serta proyektor.

Daya Baterai yang cukup tinggi dan mudah dibawa kemana pun

Performa Baterai 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

VivoBook 14 (A416) telah didukung dengan kaapsitas baterai sebesar 37 Wh yang bisa dibilang mumpuni buat menemani kerjamu sehari-hari. Bahkan saat dilakukan pengujian memakai PCMark 10 Battery di mode Modern Office, produk yang satu ini mampu bertahan kurang lebih 8 jam.

Misalkan saja dalam sehari kamu kerja selama 8 jam, tentunya kamu nggak perlu melakukan charger baterai. Karena baterai sudah bisa menunjang pekerjaanmu tanpa harus sering-sering mengisi daya.

Terakhir, terdapat fitur audio SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone

Bagaimana? Spesifikasi laptop ASUS di atas pasti bikin kamu tertarik buat memilikinya bukan? Aku pun awalnya tertarik buat memiliki produk ASUS ini. Kemarin sih udah searching-searching mau beli. Eh ternyata, ASUS lagi bagi-bagi hadiah menarik lewat content blogging.

Makanya aku segera ikut buat ramein. Tapi yang terpenting, aku pengen banget nih dapet dari ASUS-nya langsung. Udah kebelet deh buat upgrade laptop yang kualitasnya lebih oke dan performanya cocok. Jadi, pilihanku jatuh pada ASUS VivoBook 14 A416 dengan beragam keunggulannya.

ditulis oleh

Anis Faridatunisak

Jalan Buntu menyuguhkan informasi menarik seputar bisnis, hubungan, kesehatan, kecantikan, review game, dunia wanita, saham, dan berbagai informasi terpercaya lainnya.