#SuamiIstriMasak

#SuamiIstriMasak – Kerja freelance dari rumah, mengurus anak dan suami, beberes, hingga masak, adalah rutinitasku setiap hari sebagai seorang istri dan ibu. Ya, aku adalah seorang ibu rumah tangga dengan segudang pekerjaan yang menanti. Aktivitas ini di mulai dari bangun pagi hingga kembali tidur di malam hari. 

Pekerjaan di bidang penulisan yang dikejar deadline, membuat laporan, hingga revisi, tak jarang mengharuskanku bekerja lembur dari rumah. Alhasil, aktivitas seperti memasak sering keteteran. Membeli makanan di luar setiap hari, tentu bukan solusi. 

Memasak bareng suami, juga bukan hal yang mudah dengan adanya stigma “tugas suami bekerja di luar, sementara tugas istri mengurus anak dan suami di rumah”. Seorang laki-laki yang “memasak”, seringkali dianggap tabu oleh masyarakat kita. 

Ditambah lagi dengan kurangnya edukasi mengenai kesetaraan gender di masyarakat sejak usia dini. Melalui kampanye #SuamiIstriMasak, Kecap ABC mendukung kolaborasi memasak antara suami dan istri. Ya, tidak ada lagi namanya pekerjaan terbengkalai. 

Kini, suami mulai melakukan pekerjaan rumah seperti memasak di dapur. Untungnya, sang suami sadar dan mau diajak berkolaborasi untuk menganggap urusan rumah tangga adalah kewajiban berdua. Bukan hanya istri saja. Setelah menjalankannya, ternyata ada banyak manfaat yang kami rasakan di tahun ke-5 pernikahan. 

Masak Bareng Suami Membuat Hubungan Makin Bahagia dan Langgeng

Di awal-awal pernikahan, kegiatan memasak adalah urusan istri. Sekarang tidak lagi, karena kami berdua paham bahwa hal kecil seperti ini membawa dampak yang positif bagi keluarga kecil kami. 

Meringankan Pekerjaan Istri

Sebagai ibu rumah tangga yang bekerja, berbagai aktivitas sehari-hari seringkali terasa melelahkan. Dengan melakukan kolaborasi memasak bareng suami, tentu saja pekerjaan istri menjadi lebih ringan. Tidak ada lagi yang namanya terburu-buru memasak untuk sarapan di pagi hari. 

Mencegah Stress 

Banyaknya masalah pekerjaan dan urusan rumah tangga yang hampir tidak pernah selesai, membuatku seringkali merasa stres. Kelelahan tanpa ada yang bisa membantu, juga menjadi penyebab. 

Apalagi, aku juga menjadi seorang ibu dari anak yang masih berusia 14 bulan. Tentu saja ini merupakan masa-masa yang rawan stres. Nah, semenjak lahiran, suami mulai rajin membantu memasak di dapur. 

Kami berdua sadar bahwa masa-masa tersebut aku sangat rawan mengalami baby blues dan mulai kerepotan mengurus si kecil yang mulai aktif. Dengan memasak bersama, setidaknya ini bisa mengurangi stres karena merasa bahwa suami sangat peduli dengan keluarga. 

Menjalin Komunikasi

Memasak bukan sekedar aktivitas membuat makanan untuk dihidangkan di atas meja. Lebih dari itu. Selama prosesnya, kami lebih sering bercanda satu sama lain. Banyak hal lucu yang membuat kami semakin bahagia. Hal sepele seperti suami yang kaget terkena cipratan minyak, gorengan yang gosong, atau masakan yang keasinan jadi topik kami buat menjalin komunikasi yang lebih akrab. 

Menghindari Kebosanan Masa Pernikahan

Menjalani 5 tahun pernikahan dengan orang yang sama, bagi sebagian pasangan mulai terasa membosankan tanpa adanya hal-hal baru atau aktivitas keluarga yang seru. Kolaborasi memasak dengan suami bisa menjadi hal baru yang akan menjadikan pernikahan semakin langgeng dan harmonis. Apalagi, kolaborasi ini membuat kami penuh dengan tawa setiap detiknya. 

Teladan Bagi Anak

Melihat kolaborasi yang sangat baik antara ayah dan ibunya, tentu membuat anak mengerti dengan kasih sayang dan keharmonisan dalam keluarga yang perlu dijaga. Anak bisa menjadikan setiap aktivitas yang orang tuanya lakukan sebagai teladan. 

Quality Time Bareng Keluarga

Suami yang pergi bekerja di pagi hari dan pulang sore atau menjelang malam hari, membuat quality time bareng keluarga menjadi sangat jarang. Memasak menjadi solusi yang tepat bagi suami dan istri atau orang tua dan anak agar memiliki waktu yang berkualitas. 

Nah, mau tahu bagaimana keseruan kami masak bareng di dapur? Ini ada sedikit bocoran jejak digital biar kita saling termotivasi untuk saling berbagi dalam urusan dapur.

Bentuk Kolaborasi #SuamiIstriMasak dengan Resep Masakan Keluarga

Buat sarapan pagi, kami memilih masak makanan yang simpel. Di bawah ini, ada ide resep makanan yang super simpel yang jadi favorit keluarga kecil kami. 

Resep Membuat Nasi Goreng 

Bahan dan Bumbu

2 porsi nasi yang sudah didinginkan

2 butir telur

Cabe 7 buah atau sesuai selera

Bawang merah 4 siung

Bawang putih 3 siung

Kecap ABC secukupnya

Garam secukupnya

Kaldu jamur

Saos tomat

Cara Membuat

  1. Haluskan bumbu (cabe, bawang merah, bawang putih, serta garam)
  2. Tumis bumbu halus 
  3. Jika bumbu sudah tercium wangi atau mulai matang, masukkan telur ayam hingga setengah matang
  4. Masukkan nasi
  5. Tambahkan kaldu jamur, kecap ABC, dan bumbu saos tomat
  6. Campur hingga nasi dan bumbu merata
  7. Cek rasa
  8. Jika sudah matang, matikan kompor dan sajikan di piring. 

Resep Membuat Tahu Telor

Bahan dan Bumbu

2 buah tahu ukuran sedang di potong-potong dadu

2 butir telor

Garam secukupnya

Bawang merah 3 siung digoreng

Bawang putih 1 siung

Cabe 7 biji

Kecap ABC

Kacang tanah tanpa kulit 1 genggam digoreng

Daun kol secukupnya

Daun bawang merah 

Kecambah kacang hijau

Parutan kelapa sawut goreng

Cara Membuat Tahu Telur

  1. Panaskan minyak
  2. Ambil telur dan kocok hingga tercampur
  3. Masukkan tahu aduk merata
  4. Setelah minyak panas, masukkan tahu dan telur goreng hingga matang
  5. Angkat, tiriskan 
  6. Sayur Lalapan
  7. Iris tipis daun kol dan daun bawang merah, lalu tambahkan kecambah
  8. Cuci bersih dan tiriskan
  9. Sambal Kecap
  10. Haluskan bawang putih, cabai, serta sedikit garam atau secukupnya
  11. Tambahkan kecap ABC
  12. Cek rasa

Racik tahu telur ke atas piring, tambahkan lalap, serta terakhir taburkan kacang goreng, parutan kelapa sawut goreng. Ambil 2 sendok sambal dan masukkan ke atas makanan yang disajikan

Bareng Kecap ABC, #SuamiIstriMasak di Dapur Makin Harmonis 

Memasak bersama dengan suami di dapur merupakan bentuk aplikasi dari kampanye #SuamiIstriMasak Kecap ABC. PT Heinz ABC Indonesia, melalui Kecap ABC turut menyuarakan kesetaraan gender yang di mulai dari dapur.

Sekaligus, kampanye tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Kesetaraan Perempuan. Di mana PT Heinz ABC Indonesia ingin memberikan edukasi kesetaraan gender bagi anak laki-laki supaya paham dan menjadi suami yang sadar atas pentingnya kesetaraan gender.

Generasi muda yang sejak awal telah memiliki pemahaman mengenai kesetaraan gender, tentu saja akan bermanfaat untuk masa depannya. Ini akan menjadi salah satu modal besar, ketika nantinya mereka memiliki rumah tangga dan keluarga sendiri. 

Dukungan serupa, sudah ada sejak 2018 melalui kampanye inisiasi. Kecap ABC telah meluncurkan program-program yang tujuannya adalah untuk mendukung laki-laki agar bisa berpartisipasi membantu perempuan dalam urusan masak-memasak. Seperti halnya menyediakan wadah online sebagai dukungan suami masak di dapur. 

Pada tahun 2019, di mulai inisiasi kampanye selama Hari Kesetaraan Perempuan. Di mana urusan memasak bukan hanya tugas istri, tetapi suami juga perlu dan bisa berpartisipasi. Di tahun 2020, Kecap ABC berkolaborasi dengan platform edukasi sekaligus melibatkan anak-anak di dalam kampanye-nya. 

Dalam kampanye ini, aktivitas memasak bisa dilakukan suami istri dengan melibatkan anak untuk bisa ikut serta. Contohnya melalui Program Koki Muda Sejati yang bekerja sama dengan platform belajar online dalam mengajarkan kesetaraan gender kepada para generasi muda. 

Dan terbaru, di tahun 2021 Kecap ABC juga mendukung kegiatan kolaborasi suami dan istri memasak di dapur melalui kampanye #SuamiIstriMasak. Ada Titi Kamal dan Christian Sugiono yang turut serta dalam aksi ini. Menurut Tian, ia seringkali melihat sang istri tampak kelelahan memasak di dapur. 

Tian pun berinisiatif buat membantunya memasak sekaligus meningkatkan quality time bersama pasangan. Kita juga bisa meniru pasangan ini dengan memasak dan meningkatkan kebersamaan di mulai dari dapur. 

Lakukan kolaborasi dengan suami untuk membuat masakan yang nikmat menggunakan kecap ABC. Tak perlu khawatir rasa yang terlalu manis, terlalu asin, atau masakan hambar. Bersama ABC, masakan jadi lebih kaya rasa dan keluarga pasti suka. Mau tahu apa saja manfaat menggunakan kecap ABC? 

Kecap ABC memberi penambah rasa, pemberi warna hitam, penguat rasa masakan, serta menetralkan rasa pedas. Jadi sudah tahu kan mengapa saya tidak khawatir kalau suami ikut masak di dapur? Ya, karena ada kecap ABC. Bersama kecap ABC, istri tidak perlu khawatir lagi bila suami memasak. 

Saya sendiri membuat artikel ini karena mendukung kampanye yang terinspirasi dari video #SuamiIstriMasak Kecap ABC ini. Jangan lupa tonton video full-nya ya! Ini link-nya https://www.youtube.com/watch?v=NWaFeHSab0o

#SuamiIstriMasak Kecap ABC

Melalui kampanye ini, diharapkan, tidak ada lagi stigma “tugas istri memasak di rumah dan tugas suami adalah bekerja di luar rumah”. Melalui kampanye ini, maka hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Jadi, yuk ajak suami masak bareng di dapur! 

ditulis oleh

Anis Faridatunisak

Jalan Buntu menyuguhkan informasi menarik seputar bisnis, hubungan, kesehatan, kecantikan, review game, dunia wanita, saham, dan berbagai informasi terpercaya lainnya.