Bangkit bersama Membangun Bangsa

Bangkit bersama membangun bangsa bisa dilakukan dari hal-hal kecil. Kekeluargaan adalah suatu hal yang sudah akrab dengan kehidupanku semenjak masih kanak-kanak. Jiwa sosial yang tinggi menjadi hal yang biasa aku lihat sehari-hari, mengingat tempat tinggal ku yang masih berada di daerah pedesaan. Banyak cara mewujudkan rasa kekeluargaan dan kesetiakawanan, serta jiwa sosial dalam masyarakat di sekitar lingkunganku.

Gotong Royong Membersihkan RT dalam Membangun Kebersihan dan Kebersamaan

Gotong royong adalah kegiatan pertama sebagai wujud kesetiakawanan dalam lingkungan bertetangga. Di tempat tinggal ku, sebulan sekali akan dilakukan bersih desa. Selain itu, di hari-hari tertentu juga biasa kita lakukan bersih makam, penanaman pohon bersama, dan lain sebagainya.  

Membantu Membangun / Merenovasi Rumah secara “Nyambat” Tanpa Imbalan

“Nyambat” adalah sebuah istilah yang biasa dipakai di desaku untuk mengartikan permintaan atas kesukarelaan tetangga maupun kerabat dalam membangun rumah. Hal ini biasa dilakukan oleh orang-orang di sekitar, khususnya bapak-bapak dan pemuda tanpa adanya imbalan berupa uang. Cukup sediakan makanan, minuman, atau cemilan, pekerjaan untuk pembangunan maupun renovasi bisa terlaksana. 

Bersikap Empati dengan Menjenguk Tetangga Berduka sebagai Wujud Kasih

Salah satu alasan aku sangat bersyukur tinggal di desa adalah adanya rasa kebersamaan yang begitu erat. Setiap kali ada tetangga berduka, kami akan secepat mungkin menjenguk. Misalkan saja ada tetangga yang sakit maupun meninggal dunia, serta tak lupa membantu dana seikhlasnya sebagai wujud belasungkawa.  

Membangun Rasa Kekeluargaan dengan Turut Bersuka Cita

Kami yang tinggal di desa, sudah sangat umum dengan sikap membangun rasa kekeluargaan yang erat. Seperti halnya ikut merasa bersuka cita dengan kebahagiaan yang dirasakan orang di sekitar. 

Menengok ibu yang habis melahirkan adalah sebuah hal yang bertujuan sebagai bentuk kebahagiaan yang juga turut kami rasakan. Juga membantu acara tetangga yang sedang memiliki hajat secara cuma-cuma sebagai wujud rasa kekeluargaan dalam hidup bermasyarakat. 

Mari Bangkit bersama Membangun Bangsa Dimulai dari Langkah Kecil Kita!

Semua ini tidak bisa kita nilai dengan uang begitu saja. Jelas, bahwa ini adalah budaya yang amat baik untuk menjalin kebersamaan dan menjadi langkah kecil dalam membangun bangsa. Mungkin, wujud rasa kebersamaan dan kekeluargaan seperti ini sudah cukup langka dan jarang sekali kita jumpai di daerah kawasan perkotaan. Oleh karena itu, mari kita bangkit bersama membangun bangsa dengan menumbuhkan sikap saling membantu yang di mulai dari lingkungan terdekat! 

https://www.instagram.com/kemensosri/?hl=en

ditulis oleh

Anis Faridatunisak

Jalan Buntu menyuguhkan informasi menarik seputar bisnis, hubungan, kesehatan, kecantikan, review game, dunia wanita, saham, dan berbagai informasi terpercaya lainnya.