bareng Traveloka

Liburan menjadi salah satu kebutuhan yang selalu masuk dalam list perencanaan keluargaku setiap bulannya. Ya, bagi kami, liburan adalah kebutuhan. Bukan sekedar aktivitas bersenang-senang ataupun menghabiskan uang. Setiap kali punya sisa anggaran bulanan lebih, liburan tak pernah ku lewatkan. 

Bukan tanpa alasan. Aku adalah seorang ibu dan istri yang juga menjadi penyintas gangguan mental. Kondisi ini tentu saja memaksaku untuk selalu menjaga “kewarasan” agar rumah tangga tetap harmonis. Tapi tidaklah mudah. 

Mengingat kondisi mental yang cukup sering up anda down, membuatku harus berusaha ekstra untuk menjaga kestabilan mood dan emosi. Karena ketika sedang stres, kecapekan, ataupun terlalu banyak pikiran, pastilah anak dan suami menjadi sasaran. 

Itulah mengapa aku harus selalu menjaga “kewarasan” agar semuanya berjalan baik-baik saja. Nah, untuk menjaga kesehatan mental, liburan menjadi salah satu cara efektif yang bisa ku lakukan. Cara ini juga sekaligus menjadi sarana quality time-ku bersama keluarga. 

Apa sih Kesehatan Mental Itu?

Kesehatan mental adalah suatu kondisi di mana seseorang memiliki kesejahteraan atau batin yang damai. Seseorang yang memiliki kesehatan mental baik, cenderung mampu mengatasi tekanan, memiliki kestabilan emosi dan mampu mengontrolnya dengan baik.  

Namun tidak selalu demikian. Beberapa orang ada yang mengalami masalah dalam hal mental. Ya, contohnya aku sendiri. Aku tahu bukan karena melakukan self diagnose. Aku mengalami gangguan dengan diagnosa BPD (Borderline Personality Disorder) oleh seorang psikiater di sebuah RS swasta yang ada di Bali. 

Berbagai kondisi seringkali mengganggu suasana hati, aktivitas, perilaku, caraku berinteraksi dengan orang lain, pemikiran, hingga berpengaruh pada aktivitasku sehari-hari. Dampaknya, selera makan menjadi buruk dan berpengaruh pada berat badanku yang menurun drastis. 

Jam tidur berantakan, bahkan aku bisa sehari semalam tanpa tidur. Pada kasus yang ku alami, kestabilan emosi dan mood seringkali berubah-ubah tanpa bisa diprediksi. Mungkin sekarang perasaanku sedang baik-baik saja, namun bisa seketika berubah dalam hitungan detik. 

Sudah banyak cara kulakukan sebagai terapi untuk mengatasi kondisi tersebut. Terapi ini ku mulai dengan mengonsumsi obat-obatan dari dokter spesialis yang cukup membuat hari-hariku kacau.

Mual muntah, mengantuk, kesadaran menurun dan meracau tak jelas, hingga kondisi tubuh yang benar-benar lemas adalah beberapa efeknya. Sekarang, aku sudah mulai berdamai dengan keadaan. 

Obat-obatan dari dokter perlahan sudah mulai berkurang, bahkan terkadang sudah tidak ku konsumsi jika kesehatanku membaik. Tentu saja ini berkat suami yang selalu men-support ku, serta anak yang selalu menjadi alasanku buat bangkit. 

Ketua dan Founder AKAR, dr. Fransisca Handy, mengatakan bahwa masalah kesehatan jiwa merupakan masalah yang sangat kompleks dan dilematis dikarenakan stigma yang terlanjur melekat akibat kurangnya pemahaman akan isu ini.
“Oleh karena itu, pentingnya berhenti sejenak memberikan waktu bagi diri untuk mengenal dan mencintai diri sendiri sangat penting dilakukan. Kegiatan-kegiatan seperti mencari pengalaman baru melalui traveling maupun eksplorasi hal-hal baru melalui aktivitas liburan dan berwisata dapat menjadi salah satu upaya mengenal dan mencintai diri yang baik,” kata dr. Fransisca Handy. 

Penelitian lain tentang manfaat liburan bagi tubuh juga pernah dijelaskan para ilmuwan dari Stanford University dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Science. Penelitian itu membuktikan bahwa piknik yang dilakukan dengan cara hanya berjalan-jalan di alam bebas merupakan cara ampuh untuk mengurangi pikiran negatif.

Caraku dalam Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental yang positif sangatlah penting untuk mendukung kehidupan yang produktif. Banyak cara yang sudah kulakukan bangkit dari masalah batin. Kini, aku mulai menjaga kesehatan mental agar kehidupan kedepannya lebih stabil dan keluarga menjadi semakin harmonis. 

Untuk bangkit dari belenggu masalah mental ini, beberapa cara berikut kulakukan dalam kehidupan sehari-hari. 

  1. Cukup tidur dan mengatur jadwal di jam yang sama setiap harinya 
  2. Mempelajari keterampilan untuk mengisi waktu luang
  3. Aktif secara fisik
  4. Menjalin interaksi dan berhubungan dengan orang lain yang positif
  5. Mengurangi interaksi dengan orang-orang dan lingkungan toxic
  6. Membuka diri atas perasaan yang dialami
  7. Miliki perasaan menghargai diri sendiri
  8. Melakukan berbagai hobi dan hal-hal yang disukai
  9. Rutin meditasi setiap pagi atau malam hari dan terkadang dibarengi yoga
  10. Mengakui bahwa perasaan dan emosi negatif itu normal dan bisa diatasi
  11. Belajar mengelola stres dan rasa ketidaknyamanan 
  12. Menyalurkan perasaan melalui tulisan diari maupun blog 
  13. Liburan bareng keluarga dan meluangkan waktu untuk quality time bersama

Liburan adalah Terapi Andalanku untuk Bangkit Melawan Mental Illness

Berbagai cara kulakukan untuk mengatasi masalah kejiwaan yang ku alami. Aku perlahan bangkit agar menjadi ibu dan istri yang bisa membuat keluarga nyaman dan tentram. Liburan menjadi salah satu caraku melawan mental illness, sekaligus bersenang-senang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga kecilku. 

Berlibur ke tempat-tempat yang diinginkan, membuatku menjadi lebih rileks. Agenda liburan juga menjadi caraku healing dan sarana untuk menenangkan pikiran demi kesehatan mental. 

Menurutku ini adalah cara ampuh dan manjur untuk menjaga kesehatan mental tetap stabil. Aktivitas ini mampu mengusir stres, membuat kehidupan menjadi lebih bahagia, serta sejenak mampu melupakan hal-hal kurang menyenangkan yang ku alami. 

Tanpa disadari, liburan membuat kadar kortisol dalam tubuh menjadi lebih rendah dan akan membuat seseorang merasa jadi lebih tenang dan puas dalam menjalani hidupnya. Sangat penting untuk berhenti sejenak dan memberikan waktu bagi diri kita untuk lebih mengenal dan juga mencintai diri sendiri. 

Bisa dibilang, liburan menjadi terapi yang cukup ampuh untuk memperbaiki kesehatan mental. Seseorang akan merasakan pengalaman baru dengan melakukan travelling dan mengeksplorasi hal-hal baru ketika liburan. 

Aku sendiri sudah cukup lama melakukan aktivitas menyenangkan ini sebagai rutinitas buat quality time dan terapi mental illness. Sekarang memasuki awal tahun 2023 ini, aku telah mempersiapkan rencana liburan bersama keluarga bareng Traveloka. 

Berbagai Destinasi yang Ingin Kuwujudkan bareng Traveloka

Banyak wishlist destinasi wisata yang ingin ku wujudkan di tahun 2023 bersama Traveloka, di antaranya sebagai berikut. 

1. Karimunjawa, Jepara

Pulau Karimunjawa adalah destinasi pertama yang benar-benar ku impikan sejak lama, yakni 2014 dan belum kesampaian. Destinasi wisata alam ini menyimpan berbagai keindahan perairan laut Jawa. Bahkan saking indahnya, lokasi ini juga biasa disebut sebagai The Caribbean of Java. 

Pasir putih, perairannya yang tampak sangat bening dan tenang, hingga keindahannya yang terlihat begitu eksotis. Semuanya sangat cocok untuk dijadikan sebagai media healing dan mengistirahatkan sejenak pikiran dari hal-hal yang membuat pikiran kacau. 

Banyak destinasi yang ingin ku kunjungi dengan menggunakan layanan dari Traveloka. Ada Pantai Bobi, Bukit Love atau Monumen Karimunjawa, Pantai Tanjung Gelam, Pantai Anora, Trekking Mangrove, hingga Pulau Menjangan Kecil.

Menurut beberapa orang yang sudah pernah pergi ke sana, bila ingin berangkat dari Semarang, lebih baik untuk pergi di hari Sabtu ataupun hari Kamis. Pasalnya, hanya ada 1 kapal yang akan berangkat dari Semarang.  

Bisa juga menggunakan pesawat cessna yang biasanya berangkat dari Semarang pada hari Kamis dan Jumat. Alternatif lainnya, perjalanan bisa dimulai dari Kabupaten Jepara. Di sini, terdapat 2 kapal feri, yakni Express Bahari dan Siginjai yang hanya punya satu jadwal keberangkatan setiap hari. 

Nah, untuk akses kesini, tentu saja aku harus mencari kendaraan. Mengingat tempat tinggal ku yang cukup jauh dari destinasi, yakni di Kabupaten Ponorogo yang membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 10 jam. 

Jarak ini bisa ditempuh via KAI ataupun bus. Itulah sebabnya aku menggunakan layanan dari Traveloka, karena booking tiket perjalanan sangat mudah. Bahkan untuk mencari hotel dan homestay di Karimunjawa juga sangat mudah bareng Traveloka. 

2. Yogyakarta

Sebelum menikah, aku sudah cukup sering melakukan perjalanan ke Jogja untuk sekedar liburan dan istirahat dari masalah batin yang melanda. Aktivitas perkuliahan yang padat, lelah dengan banyaknya praktikum, serta stres dengan situasi yang terjadi. Jogja tentu saja menjadi destinasi yang tepat. 

Kota ini sangat terkenal dengan wisata malamnya yang damai dan membuat candu. Wisata malam di jalanan Malioboro adalah tujuan utama yang kuinginkan. Inginku sejenak melepaskan lelah dan penat dengan suasana malam yang tak ku jumpai di tempat lainnya. 

Lokasi lain juga masuk ke dalam list liburan yang ingin ku wujudkan, seperti Kampung Wisata Sosromenduran. Jarak destinasi ini dari Malioboro juga cukup dekat, kurang lebih hanya sekitar 800 meter saja dan bisa di akses dengan jalan kaki. 

Tak ketinggalan, Titik Nol Kilometer, Jogja National Museum, Taman Sari, Pasar Beringharjo dan banyak lain. Dengan lokasi yang cukup dengan Malioboro, booking hotel atau homestay juga kian mudah. Cukup memilih di satu hotel bareng Traveloka, liburan menjadi lebih praktis. 

Aku tidak akan dipusingkan lagi dengan sulitnya mencari hotel di sekitar lokasi, karena pemesanan bisa dilakukan via online di Aplikasi Traveloka. Perjalanan juga semakin mudah dengan booking tiket bus maupun kereta api dari Madiun – Jogja untuk pulang pergi. 

3. Malang

Malang menjadi destinasi wisata selanjutnya yang kumasukkan dalam wish list 2023. Cukup banyak lokasi wisata yang ingin ku kunjungi, mulai dari Jatim Park, Museum Angkut, hingga Batu Night Spectra. Liburan ke Malang, tentu tak akan cukup bila hanya 1 atau 2 hari saja. Paling tidak, aku harus merencanakan mengunjungi 1 destinasi dalam 1 hari. 

Traveloka bisa ku andalkan sebagai aplikasi perjalanan dan booking hotel via online tanpa aku harus mendatangi satu-satu untuk mencari tempat buat menginap. Bahkan tiket perjalanan pulang pergi juga tersedia, baik dengan menggunakan bus maupun rental mobil. 

4. Pulau Dewata

Hampir semua orang pasti ingin menikmati waktu liburannya ke Pulau Bali. Tak terkecuali aku sendiri. Dulu, di awal menikah aku sempat tinggal di Bali sekitar 4 tahun. Tetap saja. Suasana Bali masih sangat ku rindukan. Masih banyak destinasi wisata yang ingin kukunjungi dan belum terlaksana. 

Beberapa list destinasi yang ingin kunjungi seperti Bali Zoo, Pantai Pandawa dan Melasti, Waterboom Bali, Garuda Wisnu Kencana, Desa Besakih, Bali Bird Park, Bali Safari And Marine Park, Desa Penglipuran, Pantai Uluwatu dan banyak destinasi lain. 

Banyak hal yang membuatku dan suami berpikir dua kali untuk kembali berlibur di Bali. Pasalnya, sekarang kami sudah memiliki anak kecil yang akan sulit untuk diajak perjalanan jauh. 

Belum lagi bila kita harus mencari hotel dan tiket perjalanan. Tentu saja membawa anak kecil cenderung lebih sulit, ditambah bila sedang hari libur dan banyak hotel sudah full booked. 

Nah, sebagai solusi, aku bisa menggunakan aplikasi pemesanan online Traveloka untuk berbagai kebutuhan liburanku. Mulai dari booking hotel atau homestay, rental mobil untuk jalan-jalan, hingga pesan tiket perjalanan via pesawat maupun bus, semua gampang bareng Traveloka.

Mengapa Aku Memilih Destinasi Wisata Ini bareng Traveloka? 

Berlibur ke Jogja, Karimunjawa, Malang, serta Pulau Bali adalah harapanku. Aku ingin menjaga “kewarasan” dengan berwisata alam ke tempat-tempat yang seru. Memiliki anak yang masih belum genap berusia 2 tahun, juga menjadi alasanku memilih destinasi ini. 

Aku lebih mudah dalam mencari transportasi perjalanan, booking hotel, hingga mencari makanan untukku dan suami, juga anakku yang masih kecil. Serta tidak kalah pentingnya, aku ingin mewujudkan mimpi-mimpi yang belum terwujud ketika aku masih kuliah dan belum menikah. 

Bagiku, menikah dan memiliki anak bukan berarti kita harus berhenti untuk bahagia dan mengeksplore hal-hal baru di luaran sana. 

Yuk, Rencanakan Liburan bareng Traveloka!

Solusi liburan & healing praktis via Traveloka App. Traveloka merupakan platform travel yang menyediakan akses untuk berbagai jenis kebutuhan. Tiket perjalanan, staycation, hingga produk layanan dalam memenuhi kebutuhan pemesanan transportasi perjalanan Anda. 

Nikmati kemudahan pemesanan tiket pesawat, kereta api, bus rental mobil, antar jemput bandara, hingga akses ke beragam pilihan destinasi terlengkap di Asia Tenggara. Traveloka menawarkan berbagai pilihan aspirasi perjalanan hingga aktivitas liburan menyenangkan seperti klinik kesehatan dan kecantikan. 

Ini yang aku suka dari Traveloka. Semua kemudahan perjalanan bisa diakses hanya dari 1 aplikasi. Keunggulan ini memaksimalkan liburanku tanpa tanpa harus khawatir kehabisan tiket perjalanan dan juga kesulitan mencari hotel atau homestay. Jelas, aku sangat merasa puas. 

Tidak ada lagi yang namanya kehabisan kamar hotel karena penuh di hari libur yang membuat liburan jadi kacau. Semuanya berjalan lancar dengan aplikasi Traveloka. 

Nah, kemana nih destinasi wisata impianmu bareng Traveloka? #LifeYourWay, kemanapun tujuan liburanmu dan bagaimanapun caramu buat mewujudkannya, pastikan untuk selalu mengikuti kata hati dan menjalani hidup dengan cara terbaikmu. 

Jangan lupa, gunakan selalu Traveloka app untuk kebutuhan liburan yang mudah dan menyenangkan! Yuk, rencanakan liburan di Traveloka!

Referensi 

Photo by : freepik unsplash, traveloka, canva

https://m.traveloka.com/

https://www.seributujuan.id/id/apa-itu-kesehatan-mental

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/362/mengenal-pentingnya-kesehatan-mental-pada-remaja#:~:text=Kesehatan%20mental%20merupakan%20kondisi%20dimana,menghasilkan%2C%20serta%20mampu%20memberikan%20kontribusi

https://www.google.com/amp/s/www.jawapos.com/kesehatan/29/12/2022/healing-dan-liburan-ternyata-bermanfaat-untuk-kesehatan-mental/%3famp

https://www.yesdok.com/id/article/pentingnya-liburan-untuk-kesehatan-mental/

https://www.google.com/amp/s/cerdasbelanja.grid.id/amp/523602432/traveloka-hadirkan-tagline-baru-life-your-way-belanja-kebutuhan-makin-lengkap

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/10/12/riset-membuktikan-tubuh-dan-otak-kita-memang-butuh-liburan

ditulis oleh

Anis Faridatunisak

Jalan Buntu menyuguhkan informasi menarik seputar bisnis, hubungan, kesehatan, kecantikan, review game, dunia wanita, saham, dan berbagai informasi terpercaya lainnya.