keringat buntet pada bayi

Bunda, si kecil mengalami gatal-gatal dan terlihat bruntusan di area kulitnya? Bisa jadi ini adalah keringat buntet. Keringat buntet pada bayi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi di mana bayi mengalami keringat berlebihan di area kepala atau leher, terutama saat tidur. Kondisi ini umum terjadi pada bayi dan biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Penyebab Terjadinya Keringat Buntet pada Bayi

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan keringat buntet pada bayi meliputi sistem termoregulasi yang belum matang. Bayi memiliki sistem termoregulasi yang belum sepenuhnya berkembang, sehingga mereka cenderung lebih mudah mengalami keringat berlebihan.

Terkadang, mengenakan pakaian yang terlalu tebal atau tidur di lingkungan yang terlalu panas juga dapat menyebabkan bayi berkeringat berlebihan. Selanjutnya, ada aktivitas fisik. Saat bayi tidur, mereka bisa bergerak atau menggerakkan kepala mereka, yang juga dapat menyebabkan biang keringat.

Terakhir, adalah lingkungan tidurnya. Suhu ruangan yang tinggi atau kelembaban yang rendah dapat mempengaruhi keringat bayi.

Tips dan Cara Mengatasi Keringat Buntet pada Bayi

Keringat buntet umumnya tidak perlu dikhawatirkan, tetapi Anda bisa mengambil langkah-langkah berikut untuk membantu mengatasi masalah ini:

  • Jaga suhu ruangan: Pastikan ruangan tempat bayi berada tidak terlalu panas dan Anda juga bisa menggunakan kipas angin atau AC jika perlu.
  • Pakaian yang tepat: Pilih pakaian yang ringan, longgar, dan berbahan katun untuk bayi Anda agar kulitnya dapat bernapas dengan baik.
  • Mandikan bayi: Mandikan bayi dengan air hangat (bukan air panas) secara teratur dan pastikan untuk mengeringkan bayi Anda secara lembut setelah mandi.
  • Jaga kebersihan: Pastikan area lipatan kulit, seperti leher, ketiak, dan selangkangan, tetap bersih dan kering. Anda bisa mulai membersihkannya dengan lembut menggunakan kain lembap.
  • Sering ganti popok: Pastikan popok bayi tetap kering dan bersih. Ganti popok secara teratur.
  • Perhatikan tanda-tanda iritasi: Jika kulit bayi mengalami iritasi atau ruam, segera konsultasikan dengan dokter anak Anda untuk mendapatkan saran lebih lanjut.

Selalu perhatikan kenyamanan dan kesejahteraan bayi Anda. Jika Anda memiliki kekhawatiran yang lebih besar tentang masalah tersebut atau jika bayi mengalami gejala lain yang tidak biasa, segera konsultasikan dengan dokter anak atau ahli kesehatan anak untuk evaluasi lebih lanjut.

ditulis oleh

Anis Faridatunisak

Jalan Buntu menyuguhkan informasi menarik seputar bisnis, hubungan, kesehatan, kecantikan, review game, dunia wanita, saham, dan berbagai informasi terpercaya lainnya.