Kesalahan saat memakai skincare

Kesalahan saat memakai skincare – Kulit breakout yang bikin penampilan kamu kurang maksimal? Merasa kurang percaya diri dengan kulit wajah yang banyak masalah dan terlihat tidak sehat? Banyak hal bisa menjadi akar permasalah kulit wajah. 

Seringkali hal ini terjadi karena ketidaktahuan mu dalam mengaplikasikan produk perawatan yang tepat. Alhasil, mungkin kamu melakukan kesalahan tertentu  Apa sajakah itu?

Beberapa Kesalahan Saat Memakai Skincare

Biar kulit wajah sehat dan jauh dari berbagai masalah, beberapa hal ini perlu kamu hindari 

1. Salah Urutan Saat Mengaplikasikan

Kesalahan dalam menggunakan skincare seperti salah urutan penggunaan produk, bisa berdampak negatif pada kulit kamu loh. Urutan yang benar adalah dimulai dari produk berikut.

  • Pembersih Wajah : Mulailah dengan pembersih wajah untuk menghilangkan kotoran dan minyak.
  • Toner : Toner membantu menyegarkan kulit dan mempersiapkannya untuk produk selanjutnya.
  • Serum : Serum mengandung bahan aktif yang berfokus pada masalah kulit tertentu, seperti anti-penuaan atau hidrasi.
  • Pelembap : Gunakan pelembap untuk menjaga kelembaban kulit.
  • Surya : Saat pagi hari, aplikasikan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Jangan lupa memberikan waktu bagi setiap produk biar bisa meresap, sebelum kamu mengaplikasikan produk berikutnya.

2. Langsung Tidur Setelah Pakai Skincare

Tidur langsung setelah mengoleskan skincare ke wajah, ternyata bisa menjadi kesalahan dalam rutinitas perawatan kulit. Hal ini karena beberapa produk skincare memerlukan waktu untuk diserap dan memberikan manfaat maksimal.

Tidur dengan cepat setelah mengaplikasikan produk, seringkali dapat mengurangi efektivitasnya. Sebaiknya tunggu beberapa menit hingga produk meresap sebelum tidur.

Selain itu, pastikan pula wajah kamu benar-benar bersih sebelum mengaplikasikannya. Pasalnya, makeup atau kotoran lainnya dapat mengganggu penyerapan produk. Selalu baca petunjuk penggunaan produk skincare yang kamu pakai.

3. Terlalu Sering Cuci Muka Memakai Sabun

Tahukah kamu, terlalu sering mencuci muka dengan facial wash ternyata dapat mengakibatkan masalah pada kulit? Ini karena mencuci muka terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami kulit, menyebabkan kulit menjadi kering dan sensitif.

Sebaiknya, cuci muka hanya dua kali sehari dengan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Selain itu, pastikan untuk menggunakan produk skincare yang cocok dengan jenis kulit kamu.

4. Mengaplikasikan Terlalu Banyak Produk

Menggunakan terlalu banyak produk skincare pada kulit dapat menyebabkan masalah loh. Terlalu banyak produk yang kamu pakai, bukannya memberi manfaat lebih baik, justru dapat mengiritasi kulit dan membuatnya sulit untuk menentukan produk mana yang efektif.

Jadi, gunakan produk dengan bijak dan fokus pada kebutuhan kulitmu. Beberapa produk, seperti exfoliator atau masker, sebaiknya tidak kamu pakai setiap hari. Terlalu sering, justru hal ini bisa mengiritasi kulit.

5. Sering Ganti Produk

Kesalahan selanjutnya saat menggunakan skincare, seperti terlalu sering mengganti produk, dimana hal ini dapat berdampak negatif pada kulitmu. Aktivitas seperti ini bisa menyebabkan iritasi, kemerahan, atau bahkan masalah kulit lainnya. Untuk itu, lebih baik pertimbangkan memilih rangkaian produk yang efektif.

Konsistensi dalam menggunakan produk skincare adalah kunci untuk melihat hasil yang baik. Cobalah untuk memberikan waktu cukup kepada produk baru sebelum memutuskan apakah cocok atau tidak.

Penting untuk selalu menghindari kesalahan saat memakai skincare ini. Ingatlah bahwa perawatan kulit yang baik memerlukan waktu untuk melihat hasil, jadi bersabarlah dan hindari terlalu sering mengganti produk.

Jika kamu memiliki masalah kulit yang serius atau tidak yakin produk mana yang sesuai, konsultasikan dengan ahli. Baik itu seorang dermatologis atau ahli perawatan kulit lain yang dapat memberikan saran yang sesuai buat jenis kulit kamu.

ditulis oleh

Anis Faridatunisak

Jalan Buntu menyuguhkan informasi menarik seputar bisnis, hubungan, kesehatan, kecantikan, review game, dunia wanita, saham, dan berbagai informasi terpercaya lainnya.