menghindari kejahatan skimming

Menghindari Kejahatan Skimming – Pernah mendengar kasus terkait pembobolan atau pencurian uang lewat mesin ATM? Atau justru Anda pernah mengalaminya sendiri? Tahukah Anda, bahwa hal ini disebut dengan istilah skimming. Skimming ATM adalah tindakan ilegal di mana perangkat perekam atau perekam data palsu di pasang di mesin ATM.

Tujuannya adalah untuk mencuri informasi kartu debit atau kredit dari pengguna. Cara kerjanya adalah perangkat tersebut menyalin data kartu saat pengguna memasukkan kartu dan memasukkan PIN mereka. Lantas, apa saja modusnya? Bagaimana cara menghindarinya? 

Ketahui Modus Ini untuk Menghindari Kejahatan Skimming

Modus skimming ATM adalah cara-cara curang yang digunakan oleh penjahat untuk mencuri informasi kartu dan PIN dari pemegang kartu ATM. Beberapa modus skimming ATM yang umum meliputi:

Penempelan Alat Skimming

Penjahat menempelkan perangkat ilegal ke mesin ATM, yang dapat membaca informasi dari magnetik stripe kartu saat kartu dimasukkan. Sementara itu, perangkat ini seringkali terlihat seperti bagian yang sah atau bawaan dari mesin ATM.

Kamera Tersembunyi

Selanjutnya, penjahat juga dapat memasang kamera tersembunyi di dekat ATM, yang bisa merekam pengguna saat memasukkan PIN. Adapun, informasi ini kemudian digabungkan dengan data dari kartu yang telah di-skimming.

Pencurian Data Jaringan

Penjahat dapat mencuri data melalui jaringan komunikasi ATM. Mereka bisa menggunakan perangkat lunak atau perangkat keras khusus untuk mengambil data yang dikirimkan antara mesin ATM dan bank.

Pemalsuan ATM

Selain itu, penjahat juga bisa membuat mesin ATM palsu yang di rancang untuk mencuri informasi kartu dan PIN saat seseorang menggunakannya.

Penggantian Keyboard atau Layar

Penjahat dapat mengganti keyboard atau layar asli ATM dengan yang palsu yang merekam informasi PIN yang di masukkan oleh pengguna.

Penggunaan Kartu Palsu

Setelah mendapatkan informasi dari kartu dan PIN, penjahat bisa mencetak kartu palsu dan menggunakannya untuk menarik uang atau melakukan transaksi ilegal lainnya.

Cukup meresahkan bukan aksi dari skimming ATM ini? Maka dari itu, penting bagi Anda untuk tahu cara menghindari dan mengatasinya.

Tips Menghindari Kejahatan Skimming

Anda bisa menghindari kejahatan skimming ATM dengan mengikuti beberapa tips berikut:

Gunakan ATM Resmi

Gunakan hanya mesin ATM resmi yang terpasang di bank atau lokasi yang terpercaya. Karena skimmer tidak akan mengambil risiko melakukan tindakan kriminal ini di tempat ramai yang berisiko ketahuan dan tingginya tingkat pemantauan.

Periksa Mesin ATM

Sebelum menggunakan ATM, periksa apakah ada perangkat yang tampak mencurigakan, seperti perekam atau perekam keypad yang tidak seharusnya ada.

Tutupi PIN

Selalu tutupi keypad saat memasukkan PIN untuk menghindari pengintai yang mencoba mencuri PIN tersebut. Hal ini akan membuat sulit bagi skimmer untuk merekam kode PIN Anda.

Periksa Rekening Anda

Secara berkala, periksa rekening Anda untuk mendeteksi transaksi yang mencurigakan atau tidak sah. Selain itu, Anda bisa segera melaporkan bila menemukan adanya aktivitas yang dilakukan bukan oleh Anda.

Gunakan Mobile Banking

Menggunakan layanan perbankan mobile (m-banking) dapat membantu Anda menghindari risiko skimming di ATM. Dengan cara ini, Anda bisa memantau rekening secara real-time. Selain itu, beberapa aplikasi m-banking memungkinkan Anda melakukan transaksi dengan memindai QR code. Hal ni meminimalkan risiko skimming karena tidak adanya akses kartu yang nasabah gunakan.

Jaga Informasi Kartu ATM

Jangan membagikan informasi kartu kepada orang lain atau mengizinkan orang lain untuk melihat PIN Anda.

Hindari ATM di Lokasi Terpencil

Tips menghindari skimming mesin ATM lainnya adalah dengan memilih ATM di tempat yang aman. Akan lebih baik menggunakan ATM yang terletak di tempat-tempat yang ramai dan ada petugas atau satpam yang berjaga daripada yang berlokasi di tempat terpencil.

Gunakan Pelindung PIN

Saat memasukkan PIN, Anda dapat menggunakan tangan lain atau menutupinya guna menghindari pengintai yang memasang kamera. Dengan demikian, maka saldo akan aman dan terhindar dari risiko hilang akibat skimming.

Aktifkan Pemberitahuan SMS

Selanjutnya, Anda dapat mengaktifkan pemberitahuan SMS untuk setiap transaksi yang Anda lakukan dengan kartu agar Anda dapat memantau dan segera mengetahui transaksi yang mencurigakan.

Laporkan Kejadian Mencurigakan

Jika Anda mencurigai adanya kejahatan skimming, segera laporkan kepada bank Anda dan pihak berwenang.

Dengan mengikuti tips menghindari skimming ATM ini, Anda dapat mengurangi risiko menjadi korban skimming saat menggunakan kartu ATM atau kartu kredit Anda. Pastikan selalu waspada dan berhati-hati saat menggunakan mesin ATM untuk melindungi informasi dan saldo di rekening.

ditulis oleh

Anis Faridatunisak

Jalan Buntu menyuguhkan informasi menarik seputar bisnis, hubungan, kesehatan, kecantikan, review game, dunia wanita, saham, dan berbagai informasi terpercaya lainnya.