Makanan Khas Bali yang Enak

Makanan khas Bali yang enak – Anda sedang liburan ke Bali? Mau mencari rekomendasi hidangan khas Bali yang enak buat menambah pengamaman liburanmu? Liburan ke Bali, tidak lengkap rasanya bila melewatkan berbagai hidangan khasnya. 

Selain hiburan dan budayanya, Bali memang banyak dikenal karena sajian khasnya yang begitu menggoda dan banyak disukai. Apa sajakah jenis hidangan khas tersebut? 

Beragam Rekomendasi Makanan Khas Bali yang Enak

Olahan Bali memiliki ciri khas yang unik dan kaya akan rasa, berbeda dari hidangan di daerah lain. Beberapa ciri khas olahan Bali, salah satunya adalah bumbu yang digunakan. 

Masakan Bali dikenal karena penggunaan bumbu yang kaya rempah, seperti bawang putih, bawang merah, cabai, jahe, kunyit, serai, dan terasi. Bumbu ini menciptakan rasa yang kompleks dan khas. Beberapa makanan khas tersebut meliputi,

1. Nasi Campur

Nasi campur Bali memang terkenal dengan kelezatan dan keragaman rasanya. Terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk dan sambal, makanan ini benar-benar menggugah selera. Beberapa komponen yang seringkali ada dalam nasi campur Bali meliputi ayam betutu, sate lilit, lawar, telur, dan masih banyak lagi. 

Rasanya yang kaya dan beragam membuatnya menjadi hidangan yang sangat dinikmati ketika berkunjung di Bali. Jika Anda pernah mencoba nasi campur Bali, Anda pasti tahu betapa lezatnya!

2. Ayam Betutu 

Ayam Betutu adalah hidangan khas Bali yang terkenal dengan cita rasanya yang kaya dan pedas. Daging ayam yang di bumbui dengan rempah-rempah seperti kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. 

Bahan-bahan ini kemudian di bungkus dengan daun pisang dan daun kelapa, lalu dipanggang atau di rebus dalam waktu yang lama. Hasilnya adalah hidangan yang lezat dan beraroma kuat dengan cita rasa yang unik. Nikmatnya Ayam Betutu sangat cocok di nikmati dengan nasi atau lauk lainnya.

3. Sate Lilit

Makanan khas Bali yang enak selanjutnya adalah sate lilit. Sate lilit adalah hidangan khas Bali yang sangat lezat, terbuat dari daging cincang, ikan, atau ayam yang di campur dengan berbagai bumbu.

Seperti kelapa parut, serai, daun jeruk, bawang merah, dan bumbu rempah lainnya. Campuran bumbu ini memberikan cita rasa khas Bali dan gurih. Sate lilit biasanya di bentuk menjadi lempengan panjang dan dibungkus di sekitar lidi atau batang serai sebelum di panggang hingga matang. 

Rasanya yang unik dan teksturnya yang lembut membuat sate lilit menjadi hidangan yang sangat nikmat dan populer di Bali. Jika Anda berkunjung ke Bali, pastikan untuk mencoba hidangan ini!

4. Lawar

Lawar adalah hidangan khas dari Bali yang terkenal dengan cita rasanya yang kaya dan beragam. Biasanya, lawar terbuat dari campuran kelapa parut, sayuran seperti kacang panjang dan kelapa muda, serta rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. 

Semua bahan ini di campur dengan bumbu khas Bali seperti terasi (pasta udang) dan kemiri (buah kenari). Hasilnya adalah hidangan yang lezat dengan rasa gurih, pedas, dan beraroma. Yang membuat lawar Bali begitu nikmat adalah perpaduan unik bahan-bahan alami dan rempah-rempah, serta tangan terampil dalam mengolahnya. 

Hidangan ini juga sering di sajikan sebagai salah satu makanan tradisional dalam upacara adat di Bali. Jika Anda memiliki kesempatan untuk mencicipi lawar Bali, pasti akan mengalami sensasi rasa yang menggugah selera.

5. Sambal Matah

Makanan khas Bali yang enak lain yang bisa Anda coba adalah sambal matah. Sambal matah menjadi hidangan khas dari Bali, Indonesia, yang terkenal karena rasa pedas dan segarnya. Sambal ini terbuat dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jeruk limo, minyak kelapa, dan daun jeruk purut. 

Kombinasi bahan-bahan ini menciptakan cita rasa yang unik dan nikmat. Sambal matah sering di sajikan dengan ikan, ayam, atau hidangan laut lainnya, dan tentu saja, nasi. Rasanya yang pedas dan segar membuatnya menjadi favorit banyak orang.

6. Makanan Khas Bali yang Enak : Gurame Nyat Nyat

Olahan Gurame Nyat Nyat merupakan hidangan yang khas dari daerah Bali di Indonesia. Gurame Nyat Nyat biasanya menghadirkan sensasi yang unik dengan perpaduan rasa gurih dari rempah. Ia menggabungkan ikan gurame yang di goreng hingga renyah dengan sedikit kuah rempah yang khas. 

Rasa gurih dan renyahnya ikan gurame yang di padukan dengan kuah yang kaya rasa akan memberikan pengalaman kuliner yang lezat dan memuaskan. Jika Anda menyukai hidangan pedas dengan rasa yang kuat, Gurame Nyat Nyat adalah pilihan yang sangat nikmat.

Ini adalah beberapa ciri khas olahan Bali, tetapi masih banyak lagi Makanan khas Bali yang enak dan lezat lain yang dapat Anda temui di pulau ini.  Pastikan mencicipi beberapa hidangan ini saat Anda mengunjungi Bali untuk pengalaman kuliner yang tak terlupakan!

ditulis oleh

Anis Faridatunisak

Jalan Buntu menyuguhkan informasi menarik seputar bisnis, hubungan, kesehatan, kecantikan, review game, dunia wanita, saham, dan berbagai informasi terpercaya lainnya.