Pura Ulun Danu Bratan, Bali

Wisata Budaya di Bali – Sudah pernah berkunjung ke Bali? Atau justru, saat ini kamu berencana buat liburan ke sana? Pulau Bali adalah sebuah pulau yang terletak di Indonesia, lebih tepatnya di wilayah Kepulauan Sunda Kecil. 

Bali dikenal karena keindahan alamnya, budaya yang kaya, pantai-pantai yang menarik. Ada banyak tempat wisata favorit yang bisa kamu kunjungi seperti Ubud, Kuta, Seminyak, dan banyak lagi. 

Pulau ini juga terkenal dengan seni tradisionalnya, termasuk tari, musik, dan kerajinan tangan. Bali sendiri adalah salah satu destinasi wisata paling populer di dunia dan sering disebut sebagai “Pulau Surga” atau “Pulau Dewata.” 

Inilah Daftar Rekomendasi Wisata Budaya di Bali 

Berencana ke Bali? Sebelum berangkat, yuk simak beberapa daftar tempat wisata budaya berikut ini!

1. Nonton Pertunjukan Tari Bali

Pertama, ada pertunjukan tari Bali yang merupakan jenis pertunjukan seni yang menggabungkan tarian tradisional Bali dengan elemen musik, kostum, dan cerita. Seni ini adalah bagian penting dari budaya Bali dan sering dilakukan dalam berbagai acara.

Seperti upacara keagamaan, festival, atau pertunjukan seni. Tari Bali sendiri melibatkan gerakan yang indah dan ekspresif yang menggambarkan cerita, mitos, atau legenda Bali. 

Menariknya, kostum yang digunakan dalam pertunjukan ini biasanya sangat berwarna-warni dan begitu mengesankan. Tak heran, jika pertunjukan tari Bali ini seringkali menjadi daya tarik bagi pelancong lokal maupun asing. Beberapa jenis tari Bali yang terkenal diantaranya seperti :

  • Tari Legong : Tari ini biasanya ditampilkan oleh penari muda dalam kostum tradisional, dimana gerakan-gerakan halus dan ekspresif menjadi ciri khasnya.
  • Tari Barong : Tari ini menggambarkan pertarungan antara Barong (makhluk mitos baik) dan Rangda (makhluk mitos jahat). Tujuan diadakannya upacara ini adalah untuk mengusir roh jahat.
  • Tari Kecak : Tari Kecak melibatkan sekelompok penari yang duduk bersila di lingkaran sambil mengucapkan “cak-cak-cak” secara berulang. Tarian ini seringkali menggambarkan cerita epik seperti Ramayana.

Perlu kamu tahu, bahwa setiap tarian memiliki cerita, makna, dan karakteristiknya sendiri-sendiri, yang membuat seni tari Bali begitu beragam dan menarik.

2. Berkunjung ke Pura-pura

Sudah tidak asing lagi dengan pura-pura yang ada di Bali? Di sini, kamu dapat menikmati berbagai aktivitas liburan dengan mengunjungi pura-pura yang indah. Berikut beberapa pilihan pura yang populer di Bali :

  • Pura Besakih: Pura ini adalah pura terbesar dan paling suci di Bali yang terletak di lereng Gunung Agung. Di sini kamu dapat menikmati pemandangan indah dan keindahan arsitektur pura ini.
  • Pura Tanah Lot: Terletak di atas batu karang di tepi laut, Pura Tanah Lot menjadi salah satu ikon Bali yang paling terkenal. Bisa dibilang, bahwa pura ini adalah tempat yang sempurna untuk kamu menikmati matahari terbenam yang spektakuler.
  • Pura Uluwatu: Pura Uluwatu berlokasi di di tebing di dekat pantai, sehingga kamu bisa menyaksikan pemandangan laut yang menakjubkan. Kamu juga bisa menikmati pertunjukan tari Kecak yang terkenal di sini.
  • Pura Tirta Empul: Pura ini terkenal dengan sumber air sucinya. Di sini, kamu bisa melihat banyak orang datang untuk melakukan ritual penyucian. Berkunjung ke sini, kamu akan merasakan pengalaman spiritual yang unik.
  • Pura Ulun Danu Bratan: Kamu juga bisa berkunjung ke Pura Ulun Danu Bratan, yang lokasinya ada di tepi Danau Bratan. Pura ini adalah contoh indah dari arsitektur Bali yang tradisional dengan dan latar belakang pegunungan yang membuatnya menjadi tempat yang menenangkan.

3. Liburan ke Desa Adat

Ingin pengalaman liburan yang unik dan seru, namun tetap kental akan budayanya? Liburan mengunjungi desa adat di Bali akan memberikan kamu pengalaman yang luar biasa. 

Di sini kamu dapat melihat berbagai budaya Bali yang kaya, seni tradisional, tarian, arsitektur yang indah. Beberapa desa adat yang terkenal di Bali termasuk Desa Ubud, Desa Tenganan, dan Desa Penglipuran. 

Saat kesini, pastikan untuk menghormati adat dan tradisi setempat selama kunjungan. Selain itu, saat di sini kamu bisa dapat menikmati berbagai aktivitas yang memungkinkan untuk merasakan budaya dan tradisi Bali yang khas. Beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan adalah:

  • Berjelajah pura-pura tradisional yang indah dan mempelajari mengenai persembahan dan ritual keagamaan yang dilakukan oleh penduduk setempat.
  • Menonton pertunjukan tari Bali yang menakjubkan seperti tari Barong, Legong, atau Kecak yang sering dilakukan di desa adat.
  • Mencicipi hidangan khas Bali di warung-warung lokal dan belanja kerajinan tangan seperti ukiran kayu, batik, dan perhiasan.
  • Berjalan-jalan lah di sekitar sawah-sawah hijau dan ladang-ladang yang indah, serta pelajari bagaimana cara bertani tradisional.
  • Ajaklah penduduk setempat untuk bercakap-cakap, guna memahami lebih dalam mengenai budaya dan kehidupan sehari-hari mereka di sini.
  • Jika memungkinkan, menginap lah di penginapan tradisional yang ada di desa adat agar kamu benar-benar merasakan suasana autentik Bali.
  • Jelajahi desa adat dengan berjalan kaki untuk menikmati keindahan alam dan suasana tenangnya.
  • Ambil banyak foto dan abadikan momen-momen indah selama perjalananmu.

4. Wisata Budaya di Bali ke Museum 

Selanjutnya, kamu bisa mengunjungi museum di Bali untuk merasakan pengalaman liburan yang menarik. Di sini, kamu bisa menjelajahi koleksi seni dan budaya Bali yang kaya di museum Museum Seni Lukis Agung Rai (ARMA) atau Museum Seni Rudana.

Lihatlah berbagai lukisan, patung, dan karya seni lain yang mencerminkan kekayaan budaya pulau ini. Berikutnya, kamu dapat mengunjungi Museum Bajra Sandhi untuk memahami lebih dalam soal sejarah Bali dan perjuangan kemerdekaannya. 

Museum ini memiliki pameran yang menarik tentang perkembangan pulau ini dari zaman prasejarah hingga saat ini. Bukan hanya itu. Jika kamu tertarik dengan seni tradisional Bali seperti wayang kulit atau kerajinan tangan, tentu mengunjungi Museum Wayang Kulit atau Museum Kerajinan Tangan Bali sangatlah tepat.

Sementara jika kamu lebih suka seni kontemporer, pergilah ke Museum Seni Kontemporer Neka di Ubud yang menampilkan karya seniman Bali modern maupun internasional. 

Ada juga, Museum Le Mayeur di Sanur.  Rumah yang diubah menjadi museum ini memamerkan berbagai karya seorang seniman Belgia, Jean-François Le Mayeur yang terinspirasi dari keindahan Bali dan Hinduisme.

5. Belanja di Pasar Tradisional

Berbelanja bisa dibilang menjadi bagian yang tidak lepas dari aktivitas liburan. Ya, kamu bisa mengunjungi pasar tradisional di Bali untuk oleh-oleh. Berbagai barang unik bisa kamu dapatkan di sini.

Seperti pakaian tradisional Bali, kerajinan tangan, perhiasan, lukisan, dan banyak lagi. Pasar tradisional seperti Pasar Sukawati dan Pasar Ubud adalah tempat yang tepat untuk berburu oleh-oleh.

Selain itu, banyak pula yang menjual makanan khas seperti nasi jinggo, babi guling, sate, mie goreng, serta jajanan tradisional seperti klepon dan laklak. Ingin membeli pakaian khas Bali yang unik?

Ternyata, di sini kamu juga dapat menemukan pakaian tradisional Bali seperti sarong, kain batik, kemeja, serta pakaian adat Bali yang bisa di pakai dalam upacara-upacara keagamaan. 

Tak lupa pula, berbagai kerajinan tangan seperti patung kayu, ukiran, lukisan, perhiasan, dan barang-barang anyaman seperti tas dan topi juga ada di sini. Pilihlah souvenir berbagai barang seperti magnet kulkas, gantungan kunci, dan piring dengan motif Bali.

Daftar rekomendasi tempat wisata budaya di Bali di atas adalah beberapa destinasi yang kerap wisatawan kunjungi. Selain rekomendasi favorit di atas, masih banyak lagi yang bisa buat kamu kunjungi saat liburan ke sini! 

ditulis oleh

Anis Faridatunisak

Jalan Buntu menyuguhkan informasi menarik seputar bisnis, hubungan, kesehatan, kecantikan, review game, dunia wanita, saham, dan berbagai informasi terpercaya lainnya.